kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beri Peringatan Keras ke Korea Utara, Kapal Induk AS Singgah di Korea Selatan


Sabtu, 24 September 2022 / 00:05 WIB
Beri Peringatan Keras ke Korea Utara, Kapal Induk AS Singgah di Korea Selatan

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BUSAN. Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) tiba di Korea Selatan pada hari Jumat 23 September 2022 untuk pertama kalinya dalam waktu sekitar empat tahun.

Kehadiran Kapal Induk AS tersebut untuk bergabung dengan kapal Korea Selatan dalam pameran militer yang bertujuan mengirim pesan ke Korea Utara yang dipimpin Kim Jon Un.

Kapal Induk USS Ronald Reagan dan kapal perang yang menyertainya  berlabuh di pangkalan angkatan laut di kota pelabuhan selatan Busan.

Kedatangan USS Ronald Reagan menandai penyebaran paling signifikan aset strategis AS dalam yang dapat dioperasikan untuk meluncurkan senjata nuklir. Dan hal kehadiran kapal induk AS ini sebagai sinyal untuk mencegah agresi Korea Utara.

Baca Juga: Korea Utara Rilis Poster Propaganda Tampilkan Rudal Balistik Berhulu Ledak Nuklir

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol telah mendorong lebih banyak latihan bersama dan tampilan kekuatan militer lainnya sebagai peringatan kepada Korea Utara, yang awal tahun ini melakukan rekor jumlah tes rudal setelah pembicaraan gagal membujuk pemimpinnya untuk mengakhiri pengembangan senjata nuklir dan rudalnya.

Pengamat mengatakan Pyongyang juga tampaknya bersiap untuk melanjutkan pengujian nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Korea Utara telah mengecam penyebaran militer AS dan latihan bersama sebagai latihan untuk perang dan bukti kebijakan bermusuhan oleh Washington dan Seoul. Kunjungan ini adalah yang pertama ke Korea Selatan oleh kapal induk Amerika sejak 2018. 

Baca Juga: Presiden Korsel Yoon Suk-yeol akan Menghadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Tahun itu, Sekutu menskalakan banyak kegiatan militer bersama mereka di tengah upaya diplomatik untuk terlibat dengan Korea Utara, tetapi pembicaraan itu sejak terhenti dan Pyongyang bulan ini meluncurkan sebuah Undang-undang yang diperbarui mengodifikasi haknya untuk melakukan pemogokan nuklir penggunaan pertama jika perlu untuk melindungi dirinya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×