kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berakhir besok, ini konsekuensi jika tak beli pelatihan pertama prakerja gelombang 19


Rabu, 29 September 2021 / 08:05 WIB
Berakhir besok, ini konsekuensi jika tak beli pelatihan pertama prakerja gelombang 19
ILUSTRASI. Ada konsekuensi yang akan peserta terima jika tidak membeli pelatihan pertama Kartu Prakerja gelombang 19. Surya/Ahmad Zaimul Haq

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini pesan untuk peserta yang sudah lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 19. Untuk menghindari blacklist dari manajemen, segera beli pelatihan pertama. Sebab, pembelian pertama untuk gelombang 19 Kartu Prakerja hanya sampai besok, Kamis (30/9/2021). 

"Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja gelombang 19 adalah tanggal 30 September 2021," tulis manajemen Kartu Prakerja melalui laman Instagram, dikutip Kompas.com, Rabu (29/9/2021). 

Manajemen menjelaskan, ada konsekuensi yang akan peserta terima jika saldo pelatihan yang sudah tersedia tidak dimanfaatkan untuk membeli pelatihan pertama hingga besok. 

Konsekuensinya, peserta tidak akan mendapat insentif Rp 600.000 selama 4 bulan. Berdasarkan aturan, peserta yang tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari dari tanggal penetapan lolos secara otomatis akan dikeluarkan dari penerima Kartu Prakerja. 

Baca Juga: Soal pembukaan gelombang 22 kartu prakerja, ini penjelasan PMO kartu prakerja

Peserta tersebut akan diganti dengan peserta lain dalam proses seleksi selanjutnya. Selain itu, peserta yang di-blacklist juga tidak dapat mengikuti proses seleksi kembali. Dengan demikian, segala insentif yang seharusnya dapatkan justru hangus. 

"Bila sobat tidak membeli pelatihan pertama sampai pada batas akhir, maka kepesertaan sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut dan tidak akan menerima insentif," tulis manajemen. 

Oleh karena itu, jangan lupa beli pelatihan selagi ada waktu. Manajemen Kartu Prakerja telah bekerja sama dengan 7 platform pelatihan, yaitu Bukalapak, Kemnaker, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Pintaria, Karier.mu Sekolah.mu, dan Tokopedia. 

Baca Juga: Cek pelatihan Kartu Prakerja di berbagai platform, klik dashboard kartuprakerja.go.id

Kamu bisa memilih pelatihan di salah satu platform. Setelah membeli pelatihan, biasanya ada kode voucher yang disediakan. Kode voucher ini akan tampak setelah melakukan pembelian pelatihan di platform digital. 

Peserta hanya perlu mengeceknya di halaman transaksi atau di email yang terdaftar. Namun jika tidak bisa menggunakan kode voucher, peserta bisa menghubungi contact center yang tertera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Pembelian Pelatihan Pertama Kartu Prakerja Gelombang 19 Hanya sampai Besok"
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Yoga Sukmana

Selanjutnya: Penerima Kartu Prakerja tahun 2021 sudah capai 5,9 juta peserta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×