Global

Begini cara cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id, cair sebelum Lebaran

Minggu, 02 Mei 2021 | 14:15 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cara cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id, cair sebelum Lebaran


KONTAN.CO.ID - Bantuan sosial atau bansos dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) rencananya akan dipercepat penyalurannya. Cek bansos di cekbansos.kemensos.go.id.

Bansos akan dipercepat pada Mei 2021, sehingga bisa dicairkan awal bulan atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Tujuannya, untuk menggenjot daya beli dan konsumsi masyarakat saat Lebaran. 

“Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan April dan bulan Mei agar segera diterima masyarakat,” ujar Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Kamis (22/4). 

Senada, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, ada kemungkinan bansos untuk Mei dan Juni akan dirapel. 

Baca Juga: Ada 21 juta data ganda, Mensos: Data penerima bansos padan dengan data kependudukan

“Bahkan kemungkinan akan dirapel, Mei-Juni akan diberikan sekaligus, agar kemudian bisa digunakan untuk merayakan Lebaran,” kata dia. 

Cara cek penerima bansos 

Kemensos terus memperbarui data penerima bantuan sosial. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, data New DTKS tersebut dapat diakses oleh publik melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id/. 

Melalui laman ini, data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses dapat diakses oleh siapa saja.

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai dengan menyebutkan nama dan desa/kelurahan tempat tinggalnya,” ujar Mensos. 

Baca Juga: Risma: Cek penerima bansos resmi di laman cekbansos.kemensos.go.id

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru