Banyak kendala, realisasi investasi sektor minerba baru capai 23,36% dari target

Rabu, 09 Juni 2021 | 10:20 WIB   Reporter: Filemon Agung
Banyak kendala, realisasi investasi sektor minerba baru capai 23,36% dari target


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatatkan realisasi investasi sektor minerba baru mencapai US$ 1,39 miliar atau 23,36% dari target yang ditetapkan sebesar US$ 5,98 miliar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengungkapkan upaya pemenuhan target investasi memang menemui sejumlah hambatan.

"Be berapa kendala yang kami hadapi, masalah perizinan amdal, izin pinjam pakai kawasan hutan, kesesuaian tata ruang, dan kondisi  pasar karena belum ada pembeli karena kontrak belum tuntas," kata Ridwan dalam RDP bersama Komisi VII, Senin (7/6).

Baca Juga: Selain smelter Antam, ini tiga smelter lain yang ditarget beroperasi tahun ini

Ridwan melanjutkan kendala lain yakni  pembebasan lahan yang merupakan lahan adat, konflik sosial hingga cuaca khususnya akibat curah hujan serta dampak akibat pandemi covid-19.

Kendati demikian, Ridwan memastikan pihaknya mendorong peningkatan investasi dengan memfasilitasi badan usaha untuk penyusunan informasi peluang investasi hingga market sounding. Di sisi lain, realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kini mencapai Rp 22,34 triliun dari target yang ditetapkan tahun ini sebesar Rp 39,1 triliun.

Realisasi investasi yang telah mencapai 57,13% ini menurut Ridwan turut didorong penggunaan aplikasi. "Penggunaan aplikasi e-PNBP sangat membantu dan memperkuat tata kelola lebih baik," tandas Ridwan.

Selanjutnya: Kementerian ESDM targetkan peningkatan porsi pembangkit energi baru terbarukan (EBT)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru