kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantuan Pangan Beras Tahap I Sudah 100% Tersalur ke KPM


Sabtu, 12 Agustus 2023 / 07:45 WIB
Bantuan Pangan Beras Tahap I Sudah 100% Tersalur ke KPM

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional Rachmi Widiriani menyampaikan, realisasi penyaluran bantuan pangan beras tahap I sudah terealisasi 100% oleh Bulog. 

Adapun mengenai total anggaran dari penyaluran bantuan pangan beras tahap I, Rachmi belum dapat memastikan. Hanya saja ia menyebutkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah siap untuk melakukan pembayaran terhadap bantuan pangan beras tahap I. 

"Alhamdulillah sudah 100%. Selanjutnya setelah proses review BPKP, Kemenkeu akan membayar. Total anggaran yang dibayarkan untuk periode pertama kemarin menunggu hasil review BPKP. Yang pasti Kemenkeu siap membayar," kata Rachmi kepada Kontan.co.id, Jumat (11/8). 

Baca Juga: Antisipasi EL Nino, Pemerintah Siapkan KUR Alsintan Rp 5 Miliar untuk Petani

Terkait pernyataan Menteri Perdagangan Zukifli Hasan mengenai penyiapan anggaran sebanyak Rp 8 triliun untuk program bantuan pangan dalam menghadapi dampak El-Nino. Rachmi mengatakan akan digunakan untuk kelanjutan ditahap II. 

"Kalau membaca waktunya adalah Oktober-Desember ini yang untuk bantuan pangan beras tahap 2 yang akan disalurkan dari CBP oleh Badan Pangan Nasional," imbuhnya.

Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nyoto Suwignyo 

Sampai saat ini sudah tersalurkan 100% bantuan pangan beras oleh bulog. Pembaruan bantuan ini terkait dengan sesuai dengan amanah dari Presiden RI. 21, 53 juta KPM selama 3 bulan Maret April hingga Mei masing-masing menerima 10 kg Adapun relasi Adapun total 213.530 ton

Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nyoto Suwignyo menyampaikan, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di bantuan pangan beras ialah 21,35 juta KPM. Bantuan pangan beras sudah terealisasi 100% sejak 16 Juli lalu. 

Baca Juga: Badan Pangan Nasional Pastikan Stok Pangan Cukup Hingga Akhir 2023

"Pembaruan bantuan ini terkait dengan sesuai dengan amanah dari Presiden RI. Dimana 21,53 juta KPM selama 3 bulan Maret April hingga Mei masing-masing menerima 10 kg," kata Nyoto.

Berdasarkan data dari Badan Pangan Nasional untuk bantuan pangan beras tahap I periode Maret hingga Mei 2023, setiap bulannya disalurkan sebesar 213.530 ton. Maka total penyaluran bantuan pangan beras tahap satu sebesar 646.593 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×