kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Syariah Indonesia resmi meluncur, ini segmen bisnis yang akan digarap


Selasa, 02 Februari 2021 / 06:05 WIB
Bank Syariah Indonesia resmi meluncur, ini segmen bisnis yang akan digarap

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk, entitas usaha hasil penggabungan tiga bank syariah milik Himbara, resmi  hadir dan beroperasi di Indonesia. Peresmian Bank Syariah Indonesia dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (1/2). Ke depan, Bank Syariah Indonesia diharapkan akan bisa menggarap beberapa segmen bisnis.

Peresmian Bank Syariah Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini sekaligus menandai telah tuntas dan rampungnya proses merger tiga bank syariah milik Himbara yakni PT Bank BRI syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah.

Bank Syariah Indonesia berkomitmen untuk menjadi lembaga perbankan yang melayani segala lini masyarakat, menjadi bank yang modern, serta inklusif dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip Syariah.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan kehadiran bank ini sangat penting dalam perjalanan Indonesia mewujudkan cita-cita menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia. 
Jokowi menegaskan keyakinannya bahwa ekonomi syariah Indonesia akan tumbuh dan berkontribusi besar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai bagian dari upaya pengembangan ekonomi syariah Indonesia, saya menyambut baik peluncuran PT Bank Syariah Indonesia Tbk, pada hari ini. Saya menaruh harapan besar agar Bank Syariah Indonesia ini memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ekonomi syariah yang mensejahterakan umat dan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jokowi, dalam video conference, Senin (1/2).

Baca Juga: Resmikan Bank Syariah Indonesia, Jokowi optimistis ekonomi syariah bisa tumbuh cepat

Jokowi berpesan kepada Bank Syariah Indonesia agar bisa menjadi bank syariah yang universal, bersifat terbuka, inklusif, serta menjangkau masyarakat di seluruh segmen. 
Kemudian, ia juga meminta Bank Syariah Indonesia mampu memaksimalisasi penggunaan teknologi digital dalam memberi pelayanan, menarik minat generasi muda atau milenial agar mau menjadi nasabahnya, dan menyediakan produk yang kompetitif serta memenuhi kebutuhan berbagai segmen mulai dari UMKM, korporasi, hingga ritel.

“Sebagai barometer perbankan syariah di Indonesia insya Allah nantinya regional dan dunia, saya harapkan Bank Syariah Indonesia harus jeli dan gesit menangkap peluang, harus mampu menciptakan tren-tren baru dalam perbankan syariah, dan bukan hanya mengikuti tren yang sudah ada,” ujar Jokowi.

Hadir dalam seremoni peresmian Bank Syariah Indonesia di Istana Negara yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Mulya E. Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Hery Gunardi. Turut hadir pula, Ketua Umum MUI/DSN MUI KH Miftakhul Akhyar, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir yang diwakili oleh Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, dan Komisaris Utama serta Direktur Utama dari empat bank Himbara.

Menteri BUMN Erick Thohir yang turut hadir dalam acara peresmian di istana tersebut, mengatakan pendirian Bank Syariah Indonesia tidak sekedar untuk mengejar kebanggaan semata. 



TERBARU

×