Bank ini berencana terima Bitcoin dkk, Meksiko kembali tegaskan larangan uang kripto

Selasa, 29 Juni 2021 | 23:20 WIB Sumber: CoinDesk
Bank ini berencana terima Bitcoin dkk, Meksiko kembali tegaskan larangan uang kripto


KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Menteri Keuangan Meksiko Arturo Herrera kembali menegaskan pada Senin (28 Juni), larangan penggunaan mata uang kripto dalam sistem keuangan negara itu.

Herrera mengatakan mata uang kripto bukan aset keuangan yang sah, dan tidak diperlakukan sebagai mata uang dalam kerangka peraturan di Meksiko saat ini.

"Larangan itu tidak akan dicabut dalam jangka pendek," kata Herrera saat presentasi kepada Gugus Tugas Aksi Keuangan, sebuah kelompok anti-pencucian uang global, seperti dikutip CoinDesk.

Pernyataan Harrera tersebut muncul setelah miliarder Ricardo Salinas Pliego, pendukung Bitcoin pada Minggu (27 Juni) mengatakan, dia bekerja untuk menjadikan Banco Azteca sebagai bank pertama di Meksiko yang menerima cryptocurrency

Baca Juga: Harga Bitcoin turun, tertekan langkah regulator Inggris yang bidik Binance

Salinas adalah Chairman Grupo Salinas, induk usaha Banzo Azteca.

Komentar Herrera tidak secara eksplisit terkait dengan rencana Salinas tersebut, tetapi muncul beberapa jam setelah pernyataan pengusaha itu.

Risiko mata uang kripto

Dalam pernyataan bersama, Bank Sentral Meksiko, Kementerian Keuangan, serta Komisi Perbankan dan Sekuritas Nasional menetapkan, mata uang kripto bukanlah aset keuangan yang sah atau mata uang di bawah kerangka hukum saat ini. 

Selain itu, mereka memperingatkan tentang risiko menggunakan mata uang kripto.

Baca Juga: Elon Musk kembali berkicau, harga Dogecoin langsung menanjak

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru