kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Digital Masih Tawarkan Bunga Simpanan Tinggi untuk Tarik Minat Nasabah


Kamis, 14 April 2022 / 07:15 WIB
Bank Digital Masih Tawarkan Bunga Simpanan Tinggi untuk Tarik Minat Nasabah

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Promo bunga simpanan tinggi masih terus ditebar bank-bank digital sebagai strategi untuk menggaet nasabah. Strategi tersebut terbukti sukses meningkatkan pengguna bank digital serta jumlah dana yang dihimpun. 

PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) misalnya gencar melakukan promo dana tinggi sejak tahun lalu. Hingga kini, promo masih terus berlangsung dimana bunga produk tabungan Neo ditawarkan 6% dan deposito sebesar 8% per tahun. 

Hingga Maret 2022, jumlah pengguna aplikasi Neobank telah mencapai 15,8 juta. Per November 2021, jumlah user-nya masih 12,7 juta. Artinya dalam empat bulan telah bertambah 3,1 juta. 

Vice President & Head of Marketing Bank Neo Commerce Maritsen Darvita mengatakan, pihaknya menargetkan pertumbuhan nasabah 20% lewat kampanye baru yang diusung perseroan #BuatSemua. 

Baca Juga: Allo Bank Alihkan Aset dan Liabilitas ke Bank Mega, Begini Kata Pengamat

Dana Pihak Ketiga (DPK) bank ini berdasarkan laporan bulan telah mencapai Rp 9,24 triliun per Februari 2022. Itu meningkat 129% secara year on year (yoy).

Bank BCA Digital juga terus mencatatkan kenaikan jumlah nasabah dan DPK walaupun tidak gencar kasih bunga tinggi. Bank ini paling tinggi menawarkan bunga deposito 4% per tahun. 

Bank ini punya kekuatan dibandingkan pesaingnya di bank digital karena merupakan anak usaha bank swasta terbesar di Tanah Air. 

Per Maret 2022, bank ini mencatatkan DPK Rp 2,79 triliun. Itu meningkat sebesar Rp 1 triliun dalam tiga bulan atau 61,2% dari Rp 1,73 triliun pada Desember 2021. 

Lanny Budiati Direktur Utama BCA Digital mengungkapkan, jumlah nasabah perseroan saat ini sudah mencapai hampir 650.000.

Untuk meningkatkan nasabah dan membuat nasabah bertransaksi, BCA Digital akan terus mengembangkan dan memperluas skala ekosistem digital blu dengan menggandeng berkolaborasi dengan bisnis partners. 

"Ke depannya kami akan terus berinovasi dalam memberikan solusi finansial yang relevan, reliable, accessible dan impactful," katanya kepada KONTAN, Rabu (13/4).

PT Bank Raya Indonesia Tbk terus mencatatkan peningkatan nasabah penabung sejak merilis Raya App Versi 2.0 yaitu pertengahan Februari 2022. 

Ajeng Putra Hapsari, Sekretaris Perusahaan Bank Raya mengungkapkan, jumlah rekening Raya Digital Saving saat ini sudah lebih dari 200.000

Hingga saat ini, lanjutnya, pembukaan rekening digital harian di Bank Raya mencapai 18.000-an per hari. Bank ini telah menawarkan promo bunag 7% sejak Februari lalu hingga 30 Juni 2022. Itu berlaku untuk penempatan dana Rp 1 juta - Rp 100 juta dengan membuka fitur Saku Bujet.

Baca Juga: OJK Akan Masukkan BPR/BPRS ke Ekosistem Pembayaran Digital

Mengingat aplikasinya baru dan juga promonya baru dirilis pada Februari, belum ada data pembanding perkembangan jumlah DPK yang dihimpun Bank Raya. Namun, per Februari 2022 total DPK bank yang semula bernama Bank Agro ini mencapai Rp 11,46 triliun. 

Bank digital lain juga terus menabur promo saat ini. PT Bank Jago Tbk juga menawarkan promo bunga 7% per tahun bagi pengguna baru namun hanya untuk tenor 3 bulan. Promo berlaku dari 1 April -31 Mei. Syaratnya, harus mendaftar dari Gopay dan menghubungkan Kantong Jago dengan Gopay di aplikasi Gojek.

Bank Seabank Indonesia menawarkan bunga bunga tabungan 7% dari periode 1 September 2021 -31 Mei 2022. Bank Allo yang belum resmi meluncurkan aplikasinya, berdasarkan website perseroan, menawarkan bunga 6% per tahun dengan minimal saldo Rp 10 juta. 

Bank Amar melalui platform tunaiku menawarkan bunga 5,75%- 9% per tahun. Besaran tenor tergantung tenor yang dipilih. Bunga tertinggi dikenakan untuk tenor paling tinggi yakni 36 bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×