kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Bank CIMB Niaga Anggap Penyaluran Kredit ke Sektor CPO Masih Prospektif


Jumat, 13 Januari 2023 / 06:15 WIB
Bank CIMB Niaga Anggap Penyaluran Kredit ke Sektor CPO Masih Prospektif

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk menyebut akan melanjutkan penyaluran kredit para pelaku di semua sub sektor dalam mata rantai industri kelapa sawit. 

Direktur Business Banking Bank CIMB Niaga Rusly Johannes menyatakan pembiayaan kepada kebun-kebun kelapa sawit, baik inti maupun plasma tetap menjadi bagian terbesar dari penyaluran kredit bank. 

“Selain itu, kami juga banyak memberikan kredit untuk pembangunan dan modal kerja pabrik kelapa sawit (PKS) serta refinery. Sebagai pelengkap, kami juga menyalurkan pembiayaan terhadap pemain-pemain hilir seperti trading dan distribusi minyak goreng,” ujar Rusly kepada Kontan.co.id pada Rabu (11/1).

Lanjut ia, sebagai salah satu kreditur terbesar di sektor kelapa sawit, Bank CIMB Niaga masih optimis terhadap prospek sektor ini.  Ia meyakini pemain-pemain lama dan serius di sektor ini memiliki kiat-kiat tersendiri dalam menghadapi tantangan di tahun ini.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Bank Mandiri ke Sektor CPO Naik 3,4% Per November 2022

“Pada 2023, kami akan tetap menyalurkan pembiayaan dari hulu ke hilir sesuai dengan prinsip pembiayaan yang berkesinambungan (sustainable financing),” jelasnya.  

Hingga November 2022, Bank CIMB Niaga mencatatkan penyaluran kredit ke sektor kelapa sawit sekitar 10% dari total penyaluran kredit. Ia menargetkan penyaluran ke sektor ini bisa tumbuh dua digit hingga akhir 2023.

Asal tahu saja, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan porsi penyaluran kredit terkait CPO sebesar 5,96% dari total portofolio pembiayaan bank umum hingga September 2022. Secara nominal, penyaluran kredit untuk CPO ini mencapai Rp 374,1 triliun di sembilan bulan pertama 2022. 

“Dalam tiga tahun terakhir, nominal kredit CPO yang disalurkan oleh industri perbankan terus menunjukkan peningkatan meskipun secara pertumbuhan cenderung berfluktuasi. Adapun kredit komoditas CPO mencatatkan pertumbuhan tertinggi yakni 12,72% year on year (YoY) per September 2022,” mengutip Laporan Profil Industri Perbankan OJK kuartal III. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×