kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Besar Terus Melengkapi Fitur Baru pada Layanan Digital Bankingnya


Sabtu, 30 April 2022 / 08:55 WIB
Bank Besar Terus Melengkapi Fitur Baru pada Layanan Digital Bankingnya

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank-bank besar terus melengkapi fitur baru pada layanan digital bankingnya untuk sempurna menjadi layanan superapps, sehingga tak kalah canggih dari aplikasi yang ditawarkan bank-bank digital. Dengan begitu, berbagai transaksi bisa dilakukan hanya lewat satu aplikasi, termasuk untuk transaksi memenuhi gaya hidup atau lifestyle. 

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) misalnya, siap memperbanyak fitur-fitur baru tahun ini pada dua layanan superapps perseroan yakni Livin' dan Kopra. 

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar mengungkapkan, aplikasi super Livin' akan menghadirkan keterbukaan ekosistem sehingga bisa terintegrasi dengan ekosistem digital dari eksternal, termasuk pemain digital top yang sudah ada di pasar. 

Dengan integrasi maka Livin' bakal bisa memenuhi berbagai kebutuhan layanan financial nasabah. "Kuartal II,  kami akan meluncurkan layanan investasi sehingga pengguna Livin’ dapat melakukan jual beli produk reksa dana dan surat berharga,” kata Alexandra, Rabu (27/4). 

Baca Juga: Net Buy Asing Capai Rp 25,38 Triliun Dalam Sepekan, Ini Saham Incaran Asing

Pada layanan investasi itu, lanjutnya, nasabah bisa memilih beragam produk investasi, sesuai dengan profil resiko mereka. Tidak hanya produk invetasi dari mitra, Livin' akan menawarkan layanan dan produk investasi dari anak usaha perseroan, seperti Mandiri Sekuritas dan Mandiri Investasi. 

Selanjutnya, Bank Mandiri akan bekerjasama dengan sejumlah mitra melalui integrasi sistem dan layanan. Lewat integrasi itu, Livin' akan mengahdirkan fitur urban lifestyle seperti pemesanan dan pembelian tiket pesawat. 

Lalu fitur lain yang akan dikembangkan adalah branch reservation. Alexandra bilang, fitur itu akan memungkinkan nasabah melakukan reservasi layanan cabang pada jam tertentu, sehingga nasabah yang telah melakukan reservasi tidak perlu lagi mengantri sesampainya di cabang Bank Mandiri.

Aplikasi Livin’ by Mandiri terus menunjukkan pertumbuhan. Jumlah transaksinya tumbuh 71% secara yoy mencapai 417 juta kali pada kuartal I 2022. Nilai gross transaction value Livin’ by Mandiri telah mencapai  Rp 508 triliun selama periode itu, tumbuh 49% YoY. 

Sementara di Kopra, Bank Mandiri akan meluncurkan fitur unggulan yakni  Kopra App dan Financial Forecasting. Timothy Utama Direktur Information Technology Bank Mandiri menerangkan, Kopra App merupakan aplikasi diunduh dan diinstall di gadget nasabah yang dapat digunakan untuk melakukan inquiry dan approval transaksi. 

Sedangkan Financial Forecasting akan memudahkan pengelolaan likuiditas nasabah melalui informasi dana masuk dan kewajiban pembayaran keluar yang tersedia di Kopra Portal.

Timothy mengatakan, Kopra menyediakan 3 varian solusi yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai kebutuhan. Pertama, Kopra Host to Host yang mengintegrasikan sistem nasabah dan sistem bank secara langsung.



TERBARU

×