kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,29   1,65   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagaimana Dampak Serangan Rusia ke Ukraina Terhadap Indonesia?


Jumat, 25 Februari 2022 / 10:19 WIB
Bagaimana Dampak Serangan Rusia ke Ukraina Terhadap Indonesia?
ILUSTRASI. Kementerian Luar Negeri Indonesia menjabarkan bagaimana dampak serangan Rusia ke Ukraina terhadap Indonesia. FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo/Koz

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rusia memutuskan untuk menyerang Ukraina, pada Kamis (24/2/2022). Perang antar kedua negara tidak terelakkan. 

Menanggapi hal ini, Kementerian Luar Negeri Indonesia menjabarkan bagaimana dampak serangan Rusia ke Ukraina terhadap Indonesia. 

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, serangan militer Rusia ke Ukraina akan berdampak terhadap Indonesia, terutama dari sektor perdagangan dengan kedua negara. 

"Pengaruhnya tidak hanya dirasakan di kawasan tersebut, di Eropa, tetapi juga di kawasan lain. Kita akan terdampak dalam konteks aliran perdagangan," kata Faizasyah dalam press briefing yang dilakukan secara daring, Kamis (24/2/2022). 

Selain itu ia juga mengatakan, perang antara Rusia dan Ukraina bakal berdampak pada aliran pergerakan manusia di Ukraina dan sekitarnya. 

Baca Juga: Efek Perang, Harga Komoditas Kompak Meroket

Faizasyah pun mengatakan, Indonesia memiliki hubungan kedekatan baik dengan Ukraina dan Rusia. Kedekatan tersebut terbentuk baik kaitannya dengan hubungan perdagangan hingga investasi. 

Dalam beberapa kesempatan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga telah menekankan agar negara-negara di dunia tak menambah persoalan di tengah kondisi pandemi Covid-19. 

Pasalnya, perang antara Rusia dan Ukraina bakal mempersulit proses pemulihan baik dari sisi kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi akibat Covid-19. 

Baca Juga: Invasi Rusia ke Ukraina, Serangan Terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua

"Karena itu dari statement Presiden dan Ibu Menlu bisa dimaknai bahwa konflik yang terjadi di sana bila terus mengalami eskalasi akan memberi dampak langsung dan tidak langsung bagi kepentingan Indonesia di kawasan Eropa dan global. Selain itu juga akan menimbulkan tekanan baru untuk pulih dari tantangan ekonomi," jelas Faizasyah. 



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

×