kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,34   5,98   0.64%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagaimana Cara Pencairan Subsidi Upah Bagi Pekerja dengan Rekening Bank Swasta?


Senin, 12 September 2022 / 11:15 WIB
Bagaimana Cara Pencairan Subsidi Upah Bagi Pekerja dengan Rekening Bank Swasta?
ILUSTRASI. Pekerja dengan rekening bank swasta akan dibukakan rekening di bank himbara atau BLT subsidi gaji disalurkan melalui PT Pos. (Kontan/Panji Indra)

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar baik bagi para pekerja. Mulai hari ini, Senin (12/9/2022), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan menyalurkan dana bantuan subsidi upah alias BSU sebesar Rp 600.000. 

Dikutip dari Kompas.com, pencairan BLT subsidi gaji tahap pertama ini ditujukan untuk pekerja atau buruh yang mempunyai rekening bank himbara, yakni Bank BRI, BTN, BNI, atau Bank Mandiri. 

Adapun pencairan BLT subsidi gaji atau BSU tahun 2022 dilakukan secara bertahap hingga bulan Desember mendatang. 

Lalu, bagaimana penyaluran BSU kepada pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria tapi tidak mempunyai rekening di bank himbara?

Pencairan BSU pekerja rekening bank swasta 

Pekerja yang berhak mendapatkan BSU tapi tidak memiliki rekening di bank himbara tak perlu cemas. Pasalnya, pekerja dengan rekening bank swasta akan dibukakan rekening di bank himbara atau BLT subsidi gaji disalurkan melalui PT Pos Indonesia. 

“Mereka (pekerja dengan rekening bank swasta) akan dibukakan rekening oleh bank himbara, atau nanti kita salurkan lewat kantor pos yang sudah kita kerjasama dengan PT Pos Indonesia,” kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (11/9/2022). 

Baca Juga: BSU Tahap Pertama Cair Mulai Hari Ini, Kemnaker: Bisa Diambil di Bank Himbara

Nantinya, para pekerja akan dibantu oleh perusahaan masing-masing dengan berkoordinasi dengan BPJS ketenagakerjaan. 

Seperti diketahui, BSU atau BLT subsidi gaji telah diberikan pada tahun 2021 lalu, di mana pekerja atau buruh yang rekeningnya bank swasta telah dibuatkan rekening di bank himbara. Terkait hal ini, pekerja yang rekening bank himbaranya masih aktif dapat dilanjutkan ke rekening tersebut. 

“Kalau rekeningnya (rekening bank himbara untuk penyaluran BSU 2021) masih berlaku bisa dilanjutkan, kalau yang belum akan dibantu dibukakan,” lanjutnya. 

Sementara itu, penyaluran BLT subsidi gaji melalui PT Pos Indonesia akan diberikan surat pemberitahuan. 

Baca Juga: Simak 2 Cara Cek Subsidi Gaji 2022 Rp 600 Ribu yang Mulai Cair September 2022

“Ada dua pilihan (pengambilan dana BSU di kantor pos), yaitu diantar oleh petugas pos atau dibukakan PosPay,” jelas Anwar. 

Ia menegaskan, pihaknya akan terus memantau penyaluran BSU 2022 agar cepat tersampaikan kepada pihak yang memang berhak menerima bantuan ini. 

“Jangan sampai mereka yang berhak akan terhalang karena administrasi yang berkepanjangan,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pencairan BSU 2022, Bagaimana untuk Pekerja dengan Rekening Bank Swasta?"
Penulis : Mela Arnani
Editor : Mela Arnani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×