kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo ke Bank Himbara, Subsidi Upah Tahap I Rp 600.000 Sudah Cair


Senin, 12 September 2022 / 11:12 WIB
Ayo ke Bank Himbara, Subsidi Upah Tahap I Rp 600.000 Sudah Cair
ILUSTRASI. Bantuan Subsidi Upah alias BSU tahun 2022 senilai Rp 600.000 cair mulai Senin (12/9/2022). KONTAN/Muradi

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara cek subsidi gaji Rp 600.000 bisa dilakukan melalui laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id atau laman Kemnaker.go.id. 

Dilansir Kompas.com, Bantuan Subsidi Upah alias BSU tahun 2022 senilai Rp 600.000 cair mulai Senin (12/9/2022). Pasalnya, Kementerian Ketenagakerjaan telah memproses pencairan BSU tahun 2022 bagi pekerja atau buruh. 

Kemnaker bahkan menegaskan, dana BSU senilai Rp 600.000 sudah bisa diambil secara bertahap mulai Senin (12/9/2022) sesuai operasional Bank Himbara. 

"Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara yah," jelas Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Minggu (11/9/2022). 

Anwar lebih lanjut menyebutkan per Jumat malam kemarin (9/9/2022), pihaknya telah memproses pencairan dana BSU tahap pertama bagi 4,36 juta orang pekerja/buruh dengan anggaran mencapai Rp 2,61 triliun. 

Dana tersebut diteruskan kepada Bank Himbara selaku Bank Penyalur melalui KPPN untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama. 

Anwar juga mengatakan, diperlukan proses verifikasi, validasi, dan pemadanan data sesuai dengan kriteria yang diatur pada Permenaker BSU 2022 sebagai upaya untuk menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas. 

Baca Juga: Simak 2 Cara Cek Subsidi Gaji 2022 Rp 600 Ribu yang Mulai Cair September 2022

Dia menambahkan, Kemenaker telah menerima 5,09 juta data calon penerima BSU tahun 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU. 

Setelah dilakukan proses tersebut, terdapat 4,36 juta orang pekerja atau buruh yang dapat menerima BSU di tahap pertama. 

"Kami memahami bahwa BSU 2022 sangat ditunggu oleh pekerja atau buruh, namun selain cepat kami juga harus menjaga prinsip ketepatan sasaran dan akuntabilitas dari progam ini. Saya berterima kasih kepada para buruh yang telah sabar menunggu pencairan BSU 2022," jelas Anwar.

Anwar menambahkan, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi terkait BSU, termasuk pengecekan status penyaluran, melalui kanal bsu.kemnaker.go.id.

Cara cek subsidi gaji atau BSU 2022

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek subsidi gaji atau BSU 2022:

1. Cara cek subsidi gaji lewat BPJS Ketenagakerjaan

Dirangkum dari laman Indonesia Baik, berikut adalah cara cek subsidi gaji Rp 600.000 di laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id:

1. Buka laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Pilih menu Cek Status Calon Penerima BSU 

3. Masuk ke halaman cek penerima BSU 

4. Jika belum memiliki akun, daftar dan lengkapi data diri terlebih dahulu seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung. 

Baca Juga: Cek Bsu.kemnaker.go.id, Pencairan BSU Rp 600 Ribu Cair Diundur Hari Senin (12/9)

5. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone yang didaftarkan. 

6. Login dan lengkapi kembali biodata diri. 

7. Kemudian, cek pemberitahuan sebagai berikut:

  • Apabila terdaftar sebagai penerima, maka akan ada centang hijau notifikasi sebagai bukti penerima BLT, subsidi gaji
  • Apabila ternyata tidak terdaftar, akan ada notifikasi tidak terdaftar

2. Cara cek subsidi gaji melalui  Kemnaker.go.id

Berikut adalah cara cek subsidi gaji melalui laman Kemnaker.go.id:

  • Akses laman kemnaker.go.id
  • Untuk mengakses status penyaluran BSU, Anda harus mempunyai akun. Sehingga lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  • Setelah melengkapi pendaftaran akun, aktivasi menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone.
  • Masuk atau login menggunakan akun yang telah terdaftar, lalu lengkapi biodata, seperti foto profil, status pernikahan hingga tipe lokasi.
  • Cek pemberitahuan, yang akan berisi mengenai status penerima subsidi upah, seperti terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar, serta menunjukkan memenuhi syarat atau tidaknya.
  • Jika terdaftar sebagai calon penerima BSU, Anda akan mendapatkan notifikasi sesuai tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker, termasuk notifikasi dana BSU telah tersalurkan. 

Sebagai informasi, penyaluran bantuan subsidi gaji akan dilakukan melalui himpunan bank milik negara (himbara) dan Pos Indonesia. Bank himbara meliputi Bank Mandiri, BTN, BNI, dan Bank BRI. 

Dana bantuan subsidi gaji akan disalurkan secara langsung melalui rekening masing-masing penerima.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BSU 2022 Tahap Pertama Cair, Kemenaker: Bisa Diambil di Bank Himbara Mulai Senin"
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×