Global

Axiata Group dan Telenor ASA bakal segera merger

Selasa, 22 Juni 2021 | 00:10 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Axiata Group dan Telenor ASA bakal segera merger

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Axiata Group Bhd. dan Telenor ASA akan segera menandatangani perjanjian definitif untuk menggabungkan operasi seluler mereka di Malaysia. Transaksi ini dinilai akan menjadi transaksi telekomunikasi terbesar di negara Asia Tenggara.

Mengutip Bloomberg, direksi Axiata dan Telenor telah menyetujui transaksi itu dan akan segera melakukan pengumuman. Persyaratan kesepakatan sebagian besar akan mirip dengan apa yang diumumkan sebelumnya dan entitas yang digabungkan ini akan bernilai lebih dari RM 45 miliat atau setara US$ 11 miliar.

Sebagai informasi, Axiata dan Telenor telah mengumumkan pada bulan April bahwa mereka sedang dalam diskusi lanjutan untuk menggabungkan Celcom Networks Bhd. dan Digi.com Bhd. yang bisa membuat operator ponsel terbesar di Malaysia berdasarkan pelanggan. 

Baca Juga: Sunway Akan Mengajukan Lisensi Bank Digital, Bersaing Dengan RHB, Axiata dan AirAsia

Penggabungan ini juga dinilai akan menjadi kesepakatan telekomunikasi terbesar di Malaysia. Bahkan melampaui akuisisi Binariang GSM Bhd. di tahun 2007 atas Maxis Communications Bhd. dalam kesepakatan RM 41 miliar

Axiata dan Telenor akan memiliki kepemilikan yang sama masing-masing 33,1% di entitas gabungan yang dikenal sebagai Celcom Digi Bhd., yang akan memiliki basis pelanggan 19 juta dan pendapatan RM 12,4 miliar.

Hanya saja, pengumuman masih bisa ditunda karena transaksi harus mendapat persetujuan regulator. Sedangkan kedua perusahaan ini belum berkomentar apapun.

Selanjutnya: Malaysian telco Axiata partners with RHB Bank in bid for digital bank licence

 

Editor: Handoyo .
Terbaru