Awal September, Jokowi Kunjungi IKN untuk Groundbreaking Istana Negara

Rabu, 24 Agustus 2022 | 06:05 WIB Sumber: Kompas.com
Awal September, Jokowi Kunjungi IKN untuk Groundbreaking Istana Negara


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo batal mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada bulan Agustus ini. Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Sekretariat Presiden (KSP) Heru Budi Hartono pada Selasa (23/8/2022).

"Kemungkinan awal september (ke IKN). Tidak akhir Agustus. Karena (masih memaksimalkan) persiapan di lapangan," ujar Heru di kompleks Istana Kepresidenan.

Sebelumnya Heru mengatakan, Presiden Jokowi segera mengunjungi IKN untuk groundbreaking istana negara. Hal itu disampaikannya pada 17 Agustus lalu. "Ke IKN jadi, sebelum Agustus selesai. Saya sedang koordinasi dengan Menteri PUPR, Insya Allah kita lihat," ujar Heru di Istana Merdeka.

Baca Juga: Otorita IKN Ungkap Potensi Investasi Sektor Komersial Hingga Esensial

Terpisah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono juga mengonfirmasi bahwa Presiden Jokowi belum akan mengunjungi IKN pada Agustus ini.

 "(Sampai akhir bulan ini) enggak. Saya ditugasi," tutur Basuki di TMII, Selasa siang.

Meskipun demikian, Basuki memastikan proses pembangunan di IKN tetap berlanjut. Pada pekan depan, kata Basuki, dirinya akan melakukan tanda tangan kontrak untuk pembuatan kapling area kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), land development serta jalan tol.

"Kemudian juga ada air, sebentar lagi ada air. Ini semua sudah berurutan ini sudah akan ditandatangani lima paket," ungkap Basuki.

Dia pun menambahkan, presiden baru akan meninjau IKN bulan depan atau setelah proses pengerjaan proyek berjalan. Diberitakan sebelumnya, kabar bahwa presiden akan melakukan groundbreaking di IKN disampaikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor pada 3 Agustus lalu.

Ia membenarkan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan datang ke IKN pada pertengahan Agustus ini. Hanya saja, dirinya belum mengetahui pasti tanggal berapa Presiden akan datang.

Baca Juga: Bangun 22 Tower Rusun Pekerja IKN, Pemerintah Alokasikan Rp 600 Miliar

“Ya, tanggal sih belum pasti. Namun, yang jelas pertengahan Agustus ini. Bisa sebelum 17 Agustus atau sesudahnya," ungkap Isran.

Nantinya Presiden akan melakukan peletakan batu pertama di titik nol untuk menandakan dimulainya pembangunan Istana Negara. "Pak Jokowi secara formal akan melakukan groundbreaking untuk pembangunan istana," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Batal ke IKN Bulan Ini untuk "Groundbreaking""

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru