kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Australia desak China untuk mengizinkan tim WHO dapat meneliti asal muasal Covid-19


Jumat, 08 Januari 2021 / 05:45 WIB
Australia desak China untuk mengizinkan tim WHO dapat meneliti asal muasal Covid-19

Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Australia pada hari Kamis mendesak China untuk memberikan akses ke pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul COVID-19 "tanpa penundaan", karena China mengatakan pihaknya masih berusaha untuk "menciptakan kondisi" untuk kunjungan para ahli.

“Kami berharap izin yang diperlukan untuk perjalanan tim WHO ke China dapat dikeluarkan tanpa penundaan,” kata Marise Payne, menteri luar negeri Australia.

Dia menegaskan kembali pentingnya studi ilmiah yang diselenggarakan WHO dan berkata: "Kami menantikan temuan dari misi lapangan internasional ke China".

Tim ahli WHO akan berada di China bulan ini untuk menyelidiki bagaimana pandemi dimulai dan akan mengunjungi pusat kota Wuhan di mana penyakit "misterius" pertama kali muncul pada akhir 2019. Lebih dari 87 juta orang di seluruh dunia sekarang mengidapnya. telah didiagnosis dengan apa yang kemudian dikenal sebagai COVID-19 yang telah menyebabkan kematian hampir 1,9 juta orang.

Awal pekan ini, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan dia "sangat kecewa" mengetahui bahwa China masih belum mengizinkan masuknya tim ahli internasional tersebut. Dua dari 10 orang tim sudah memulai perjalanan mereka ketika masalah terungkap, katanya.

Baca Juga: Ini alasan China belum izinkan tim WHO masuk ke Wuhan

Pada konferensi pers pada hari Rabu, China mengatakan masih dalam diskusi mengenai rincian kunjungan tersebut, yang kerangka acuannya diterbitkan tahun lalu. "Kami berharap tanggal spesifik dan pengaturan kunjungan mereka dapat diputuskan secepat mungkin melalui diskusi kami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying kepada wartawan pada jumpa pers di Beijing.

“Penelusuran asal-usul adalah masalah yang sangat rumit,” tambahnya. "Untuk memastikan pekerjaan pakar internasional berjalan lancar, kami perlu menjalani prosedur yang diperlukan dan membuat pengaturan khusus."

Meskipun China sedang memerangi wabah COVID-19 yang tiba-tiba di provinsi Hebei, di mana ia telah memulai pengujian massal terhadap 11 juta penduduk kota, virus tersebut telah dikendalikan dan sebagian besar kehidupan telah kembali normal.

Australia, yang telah melihat hubungannya dengan China memburuk selama beberapa bulan terakhir, telah menjadi suara terdepan dalam menyerukan penyelidikan independen tentang asal-usul COVID-19. Presiden AS Donald Trump juga mengkritik China dan penanganan pandemi.

Selanjutnya: China belum berikan izin masuknya para peneliti corona internasional, WHO kecewa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×