Asyiknya, Gaji Fresh Graduate di Uniqlo Capai Rp 35 Juta

Kamis, 12 Januari 2023 | 12:21 WIB Sumber: Reuters
Asyiknya, Gaji Fresh Graduate di Uniqlo Capai Rp 35 Juta

ILUSTRASI. Induk Uniqlo, Fast Retailing Co Ltd, pada Rabu (11/1/2023), mengumumkan akan menaikkan upah karyawannya sebesar 40%. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Induk Uniqlo, Fast Retailing Co Ltd, pada Rabu (11/1/2023), mengumumkan akan menaikkan upah karyawannya sebesar 40%. Ini bisa menjadi sebuah pertanda yang jelas bahwa gaji terendah Jepang mungkin mulai naik setelah terjadi deflasi dalam beberapa dekade dan pemotongan biaya.

Mengutip Reuters, langkah perusahaan raksasa pakaian kasual ini kemungkinan akan meningkatkan fokus pada gaji pekerja menjelang negosiasi tenaga kerja musim semi tahunan, meskipun tampaknya tidak mungkin perusahaan Jepang lainnya akan memberikan kenaikan pada skala yang sama.

Perdana Menteri Fumio Kishida telah berulang kali meminta perusahaan untuk menaikkan upah karena beberapa alasan. Salah satunya karena tingkat harga telah melonjak, yang menyebabkan kenaikan biaya segala sesuatu mulai dari makanan hingga bahan bakar yang sebelumnya tidak terpikirkan sebelumnya.

Kondisi gaji yang buruk telah menjadi masalah terbesar bagi ekonomi terbesar ketiga di dunia. Dalam dolar, gaji tahunan rata-rata di Jepang adalah US$ 39.711 pada tahun 2021, jauh di bawah rata-rata OECD sebesar US$ 51.607 dan sedikit berubah dari awal 1990-an.

"Selain Fast Retailing, ada sejumlah perusahaan yang hingga tahun lalu secara signifikan meningkatkan tingkat kenaikan gaji mereka. Itu merupakan faktor positif bagi perekonomian Jepang," kata Taro Saito, peneliti eksekutif di NLI Research Institute.

Baca Juga: Rayakan Imlek dengan Kenyamanan Koleksi LifeWear & Penawaran Menarik dari Uniqlo

Tetap saja, dia mengingatkan bahwa kasus Fast Retailing adalah kasus satu perusahaan dengan kemampuan untuk membayar kenaikan tajam, yang tidak berlaku untuk banyak perusahaan Jepang lainnya.

"Langkah Fast Retailing menandai pertama kalinya dalam setidaknya 20 tahun perusahaan, dalam merevisi remunerasi di seluruh grupnya," kata juru bicara Pei Chi Tung.

Dia bilang, perubahan itu bertujuan untuk membuat gaya kerja dan remunerasi perusahaan lebih kompetitif secara global.

Chi Tung juga menambahkan bahwa ada "kebutuhan mendesak" untuk menaikkan gaji di Jepang, yang tetap rendah dibandingkan dengan operasi di luar negeri.

Baca Juga: UNIQLO Luncurkan 2 Koleksi UT Populer Makoto Shinkai dan SPY X FAMILY November Ini

Mulai bulan Maret, karyawan lulusan baru atau fresh graduate akan dibayar 300.000 yen (US$ 2.300) sebulan, yang setara dengan Rp 35 juta. Sebagai perbandingan, saat ini fresh garaduate digaji sebesar 255.000 yen. Menurut manajemen Uniqlo, hal itu mewakili peningkatan tahunan sekitar 18%. 

Sedangkan gaji manajer toko akan mengalami peningkatan sekitar 36% menjadi 390.000 yen per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru