kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Otoparts (AUTO) Andalkan Gerai Shop & Drive untuk Perkuat Bisnis Perdagangan


Rabu, 05 Oktober 2022 / 07:45 WIB
Astra Otoparts (AUTO) Andalkan Gerai Shop & Drive untuk Perkuat Bisnis Perdagangan

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) berupaya memperkuat segmen bisnis perdagangannya di tahun ini. Salah satunya melalui optimalisasi penjualan produk suku cadang pada gerai retail modern Shop & Drive.

Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian Solaeman menyampaikan, keberadaan gerai Shop & Drive akan memudahkan AUTO untuk lebih dekat kepada para konsumen yang membutuhkan berbagai produk suku cadang berkualitas.

Gerai Shop & Drive pun sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia. Sampai semester I-2022, AUTO sudah mengoperasikan 377 gerai Shop & Drive, atau bertambah 5 gerai dibandingkan akhir tahun lalu.

Baca Juga: Tahun Ini, Astra Otoparts (AUTO) Yakin Mampu Samai Kinerja Sebelum Pandemi

Sebagian besar gerai Shop & Drive AUTO berlokasi di Jawa Bali yakni sebanyak 306 gerai. Kendati demikian, gerai Shop & Drive juga cukup banyak ditemukan di wilayah-wilayah lain, seperti Sumatera sebanyak 37 gerai, Kalimantan sebanyak 21 gerai, dan Indonesia Timur sebanyak 13 gerai.

Yusak menyebut, pihaknya tentu selalu membuka peluang untuk menambah jumlah gerai Shop & Drive sewaktu-waktu. Meski tidak disebut besaran investasi yang dikucurkan, pada umumnya AUTO melakukan penambahan gerai Shop & Drive sekitar 10 gerai per tahun.

Namun, pada dasarnya jumlah gerai Shop & Drive kerap berubah-ubah dalam periode waktu tertentu. Ini mengingat AUTO selalu melakukan peninjauan terhadap perkembangan kinerja gerai yang ada maupun kondisi ekonomi di daerah gerai tersebut berada.

“Jadi, di saat ada penambahan gerai, maka di saat yang sama penutupan atau relokasi gerai ke tempat lain juga bisa terjadi. Penyesuaian seperti itu akan terus dilakukan,” terang Yusak dalam paparan publik, Selasa (4/10).

Selain Shop & Drive, AUTO juga mulai mengandalkan platform e-commerce bernama Astra Otoshop untuk meningkatkan performa segmen bisnis perdagangannya. Astra Otoshop menyediakan berbagai produk komponen otomotif seperti aki, ban, oli, shock absorber, kampas rem, filter, dan suku cadang lainnya.

 

Inovasi lain juga dilakukan AUTO melalui pembukaan Astra Otoservice pada 11 November 2020 lalu. Ini merupakan bengkel perawatan kendaraan roda empat dengan layanan servis berkala seperti penggantian oli mesin, transmisi, pengecekan aki, dan servis lainnya.

Hingga semester I-2022, AUTO telah mengoperasikan 4 bengkel Astra Otoservice di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Meruya Ilir, Jakarta Barat, Serpong, Tangerang Selatan, dan Harapan Mulya, Bekasi.

Sebagai informasi, AUTO membukukan kenaikan pendapatan 20% secara tahunan atau year on year (YoY) menjadi Rp 8,58 triliun pada semester I-2022. Di periode yang sama, laba bersih AUTO melonjak 62% (YoY) menjadi Rp 432 miliar.

Pendapatan AUTO pada semester satu lalu cukup didominasi oleh segmen bisnis manufaktur dengan porsi 52%, sedangkan segmen bisnis perdagangan menyumbang porsi pendapatan 48%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×