kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,67   -9,84   -1.07%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASDP Optimistis Bisnis Penyeberangan Terus Tumbuh hingga Akhir Tahun, Ini Alasannya


Senin, 18 September 2023 / 07:00 WIB
ASDP Optimistis Bisnis Penyeberangan Terus Tumbuh hingga Akhir Tahun, Ini Alasannya

Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat telah melayani 23,1 juta penumpang dan 4,38 juta kendaraan selama semester I-2023. Manajamen ASDP optimistis bisnis penyeberangan bakal terus bertumbuh hingga akhir tahun nanti.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, ASDP konsisten terus menghadirkan layanan prima, khususnya bagi sektor logistik yang menjadi penopang kinerja perusahaan.

Langkah ini tercermin dari kinerja semester I-2023, di mana ASDP berhasil mencetak performa kinerja positif.

Baca Juga: ASDP Terapkan Online Ticketing Berbasis Website di Pelabuhan Lembar

“Total produksi kendaraan pada semester I-2023 mengalami kenaikan sebesar 6% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya," ujarnya, dalam siaran pers, Minggu (17/9).

Dia memerinci, total penumpang yang dilayani di Pelabuhan sebanyak 23,1 juta penumpang dan 4,8 juta kendaraan serta 867.856 ton barang.

Dari angka produksi tersebut,  ASDP berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp2,36 triliun atau meningkat 16% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dengan perolehan laba sebesar Rp 311 miliar.

Sampai tutup tahun nanti, ASDP membidik target penumpang yang dilayani sebanyak 51 juta orang, kendaraan roda 2 & 3 sebanyak 6,5 juta unit, kendaraan roda 4 sebanyak 6,6 juta unit, dan total barang yang diangkut sebanyak 1,9 juta ton.

"Dan untuk tahun 2023 ini, ASDP membidik total pendapatan sebesar Rp5,6 triliun dengan capaian laba bersih sekitar Rp700 miliar," tutur Ira.

Baca Juga: Ini Langkah ASDP Menjaga Wilayah Pesisir Indonesia

Ira mengungkapkan, manajemen terus berupaya untuk menjaga stabilitas bisnis pasca Covid-19 ini dengan melakukan efisiensi dan memprioritaskan program yang mendatangkan profit.

Di samping itu, digitalisasi layanan secara berkelanjutan yang dijalankan ASDP  juga diklaim mampu meningkatkan produksi pengguna jasa.

Menurutnya, ada 3 pencapaian manajemen yang telah dilalui ASDP dalam kurun waktu 4 tahun belakangan ini.

Pertama, perkembangan infrastruktur yang semakin mengedepankan kenyamanan pelanggan. Hal ini bisa terlihat dari pengembangan Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Kedua, ASDP terus mengakselerasi online ticketing di seluruh cabang layanan. Saat ini layanan online ticketing Ferizy baru berlaku di 4 pelabuhan utama yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

“Manajemem terus melakukan perluasan digitalisasi tiket online berbasis website trip.ferizy.com yang dinilai berperan sangat penting untuk menjamin kelancaran pelayanan dan keakuratan data manifest," ujarnya.

Baca Juga: ASDP Terapkan Domain Baru untuk Reservasi Online di Lintasan Ajibata-Ambarita

Ketiga, manajemen terus meningkatkan kualitas pelayanan. ASDP selalu melakukan evaluasi berjangka untuk memastikan aspirasi pelanggan dapat terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×