kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Tanggapi Santai Ancaman Rusia Gunakan Senjata Nuklir


Minggu, 01 Mei 2022 / 06:50 WIB
AS Tanggapi Santai Ancaman Rusia Gunakan Senjata Nuklir

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Amerika Serikat tidak percaya bahwa ada ancaman Rusia menggunakan senjata nuklir meskipun retorika Moskow baru-baru ini meningkat, kata seorang pejabat senior pertahanan AS, Jumat.

"Kami terus memantau kemampuan nuklir mereka setiap hari sebaik mungkin dan kami tidak menilai bahwa ada ancaman penggunaan senjata nuklir dan tidak ada ancaman terhadap wilayah NATO," pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada wartawan. .

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada hari Senin bahwa Barat tidak boleh meremehkan peningkatan risiko konflik nuklir di Ukraina. 

Rusia mengatakan awal bulan ini bahwa pihaknya berencana untuk menyebarkan rudal balistik antarbenua Sarmat yang baru diuji, yang mampu melakukan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat, pada musim gugur. 

Baca Juga: Peringatan Rusia kepada AS dan Barat: Risiko Perang Dunia III Sangat Nyata

Kekhawatiran Barat pada risiko perang nuklir meningkat setelah Presiden Vladimir Putin meluncurkan invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari dengan pidato di mana ia secara tajam merujuk pada kekuatan nuklir Moskow dan memperingatkan bahwa setiap upaya untuk menghalangi jalan Rusia "akan membawa Anda ke arah itu. konsekuensi yang belum pernah Anda temui dalam sejarah Anda."

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan minggu ini dia tidak mengharapkan kegagalan militer Rusia lebih lanjut di Ukraina untuk mendorong Putin menggunakan senjata nuklir taktis di sana, dengan mengatakan pemimpin Rusia memiliki ruang untuk bermanuver dan mengakhiri konflik. 

Awal bulan ini Direktur CIA William Burns mengatakan bahwa ancaman Rusia yang berpotensi menggunakan senjata nuklir taktis atau hasil rendah di Ukraina tidak dapat dianggap enteng, tetapi CIA belum melihat banyak bukti praktis yang memperkuat kekhawatiran itu.

Baca Juga: Putin: Intervensi Barat di Ukraina akan Militer Rusia Respons Secepat Kilat

Invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan ribuan orang tewas atau terluka, kota-kota menjadi puing-puing dan memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi ke luar negeri. Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi khusus" untuk mendemilitarisasi tetangganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×