AS: Jika Rusia menyerang kembali Ukraina, kami siap untuk bertindak

Kamis, 02 Desember 2021 | 23:05 WIB Sumber: Al Jazeera
AS: Jika Rusia menyerang kembali Ukraina, kami siap untuk bertindak

KONTAN.CO.ID - RIGA. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat atau AS Antony Blinken mengungkapkan, Rusia punya rencana untuk mengambil langkah agresif yang signifikan terhadap Ukraina.

Setelah pertemuan para menteri NATO di Riga, Latvia, pada Rabu (1/12), Blinken mengatakan, AS "sangat prihatin dengan bukti bahwa Rusia telah membuat rencana untuk tindakan agresif yang signifikan terhadap Ukraina".

Ukraina menuduh Rusia mengerahkan kendaraan lapis baja berat, sistem peperangan elektronik, dan puluhan ribu tentara di sepanjang perbatasan, peningkatan militer negeri beruang merah kedua sepanjang tahun ini.

Blinken menyatakan kepada wartawan, AS tidak tahu, apakah Presiden Rusia Vladimir Putin "telah membuat keputusan untuk menyerang" Ukraina. 

Baca Juga: Putin: Rusia tahu AS agak lebih unggul dari China dalam senjata hipersonik

“Yang kami tahu adalah dia (Putin) menempatkan kapasitas untuk melakukannya dalam waktu singkat, jika dia memutuskan demikian,” katanya, seperti dikutip Al Jazeera.

Komentar Blinken datang sehari sebelum dia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di sela-sela KTT Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa di Swedia pada Kamis (2/12).

Rusia menyerang, AS siap untuk bertindak

Terlepas dari upaya awal tahun ini untuk meredakan ketegangan antara Washington dan Moskow, hubungan itu berada di bawah tekanan yang meningkat di tengah kekhawatiran Barat tentang penumpukan pasukan Rusia di dekat Ukraina.

“Dalam dialog dengan Amerika Serikat dan sekutunya, kami akan bersikeras untuk membuat perjanjian khusus yang akan mengecualikan setiap gerakan NATO lebih lanjut ke arah Timur dan penyebaran sistem senjata yang mengancam kami di sekitar wilayah Rusia,” kata Putin.

Baca Juga: Situasi di perbatasan Ukraina memanas, Rusia siap ambil semua langkah jika diperlukan

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru