kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apple segera pindahkan pusat produksinya dari China, ini negara yang jadi tujuan


Kamis, 28 Januari 2021 / 19:15 WIB
Apple segera pindahkan pusat produksinya dari China, ini negara yang jadi tujuan

Sumber: Nikkei | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Apple akhirnya akan segera memindahkan pusat produksinya dari China ke India dan Vietnam. Nikkei melaporkan bahwa difersifikasi ini dilakukan karena hubungan AS dan China yang terus menegang. 

Pabrik yang ada di India diharapkan bisa memulai produksi perangkat iPhone 12 paling cepat pada kuartal ini. Sementara pabrik di Vietnam akan berfokus pada produksi perangkat iPad Mini dan HomePod.

Selama ini pabrik Apple yang ada di Vietnam sebenarnya sudah mengerjakan HomePod sejak pertama kali berdiri beberapa tahun lalu, namun kini kapasitasnya akan ditingkatkan.

Bukan cuma itu, Apple juga berencana meningkatkan produksi AirPods di pabrik Vietnam. Produksi MacBook juga disebut akan dialihkan sepenuhnya ke Vietnam.

Foxconn sebagai mitra pemasok utama Apple telah menginvestasikan US$ 270 juta untuk membangun pabrik baru di Vietnam guna meningkatkan kapasitas produksi.

Baca Juga: Pendapatan Apple melesat 21% ditopang penjualan iPhone di China

Selain atas dasar ketegangan hubungan, biaya tenaga kerja dan wabah virus korona telah sangat mengganggu rantai pasokan. 

Melalui difersifikasi ini, Apple ingin memiliki banyak opsi untuk proyek di masa depan agar tetap bisa bertahan di papan atas persaingan dunia teknologi.

Menurut seorang manajer rantai pasokan yang dihubungi Nikkei, saat ini banyak perusahaan AS yang tetap ingin menarik diri dari China meskipun presiden telah berganti.

Pergantian presiden nampaknya tidak membuat para perusahaan, termasuk Apple, untuk merombak kembali kebijakan difersifikasinya. Apalagi jika melihat ketegangan antara AS dan China masih belum mereda.

Khusus pada Apple, ungkap manajer rantai pasokan, perubahan tersebut tidak hanya memengaruhi produk periferal tetapi juga produk unggulan seperti iPhone dan iPad.

Selanjutnya: Menlu AS: Kami ada di pihak negara-negara Asia Tenggara untuk hadapi China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×