Aplikasi PeduliLindungi Mendadak Hilang di App Store, Ini Kata Kemenkes

Selasa, 22 Februari 2022 | 09:27 WIB Sumber: Kompas.com
Aplikasi PeduliLindungi Mendadak Hilang di App Store, Ini Kata Kemenkes

ILUSTRASI. Tiba-tiba saja, aplikasi PeduliLindungi dilaporkan hilang dari toko aplikasi Apple, App Store. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiba-tiba saja, aplikasi PeduliLindungi dilaporkan hilang dari toko aplikasi Apple, App Store. Sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan bahwa aplikasi ini tidak bisa dicari di App Store, kurang lebih sejak minggu lalu. 

Hal ini mengakibatkan pengguna perangkat berbasis iOS tidak bisa men-download dan memperbarui (update) aplikasi PeduliLindungi. 

Menanggapi masalah tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengakui bahwa saat ini aplikasi PeduliLindungi sedang mengalami kendala teknis. 

Nadia menjelaskan bahwa status aplikasi PeduliLindungi yang terdaftar di toko aplikasi Apple App Store berubah menjadi private (privat). Alhasil, pengguna iPhone untuk sementara tidak bisa mencari dan menemukan PeduliLindungi pada kolom pencarian App Store. 

Lebih lanjut, Siti mengatakan bahwa pihaknya sedang mengoordinasikan kendala ini dengan Apple, selaku pengelola App Store. Menurut Siti, Kemenkes juga telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mencari solusi dari masalah ini. 

Baca Juga: Ini Aturan PPKM Level 4 Kota Tegal, Magelang, Madiun, Cirebon, WFO 25%

"Aplikasi (PeduliLindungi) masih ada tetapi tidak bisa di-search. Nah, (kendala) ini sedang diupayakan untuk dioptimalkan," unujargkap Siti ketika dihubungi KompasTekno, Senin (21/2/2022). 

Download dari situs PeduliLindungi 

Meski hilang di toko aplikasi App Store, PeduliLindungi masih muncul di situs web App Store, setelah dicari melalui mesin pencari, seperti Google Search. Namun, laman situs App Store tidak menyertakan tombol download untuk mengunduh aplikasi. 

Pengguna juga diminta mengunjungi Mac App Store di perangkat komputer.  Namun aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (Covid-19) itu tidak bisa di-download di Mac App Store. 

Baca Juga: Bukan 6 Bulan, Benarkah Jarak Vaksin Kedua dengan Booster Dipercepat Jadi 3 Bulan?

Kabar baiknya, ada cara alternatif untuk mengatasi hal ini. Pengguna iPhone bisa mencoba men-download aplikasi PeduliLindungi secara langsung lewat situs resmi PeduliLindungi.

Dalam situs tersebut, pengguna bakal menemukan menu "Unduh" dari aplikasi PeduliLindungi. Selanjutnya, pilih/klik ikon App Store di halaman tersebut. 
Pengguna akan dibawa ke halaman aplikasi PeduliLindungi di App Store, dan bisa mengunduhnya. 

KompasTekno sudah mencoba cara alternatif ini dan aplikasi PeduliLindungi dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. 

Fitur seperti scan barcode juga masih bisa digunakan dengan lancar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PeduliLindungi Hilang di App Store, Ini Penjelasan Kemenkes"
Penulis : Kevin Rizky Pratama
Editor : Reska K. Nistanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru