kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Kebijakan PPKM Bakal Segera Dicabut?


Rabu, 16 Maret 2022 / 11:03 WIB
Apakah Kebijakan PPKM Bakal Segera Dicabut?

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi penyebaran virus corona di Indonesia terus menunjukkan data-data positif. Salah satunya, kasus positif Covid-19 mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir. 

Tidak hanya itu, angka positivity rate, dan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan Covid-19 juga mengalami penurunan.

Lantas, kapan pemerintah mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)? 

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kebijakan PPKM baru akan dicabut saat Indonesia keluar dari masa pandemi Covid-19. 

"Status dan kebijakan PPKM dicabut tentunya kalau kita sudah keluar dari masa pandemik karena PPKM itu adalah suatu tools untuk kita bisa mengevaluasi bagaimana kapasitas respons serta laju penularan di daerah kita," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (15/3/2022). 

Baca Juga: Survei BPS: Pakai Masker, 87,6% Responden Melihat Masyarakat Jawa-Bali Sudah Patuh

Nadia mengatakan, PPKM merupakan alat yang digunakan untuk melihat perkembangan kasus Covid-19 di suatu daerah seperti peningkatan kasus Covid-19 dan tingkat keterisian tempat tidur sudah sesuai dengan yang diharapkan. 

"Jadi PPKM ini adalah alat sensitif untuk kita bisa secara cepat memberikan situasi bagaimana tadi kapastitas respons kita dan laju penularan," ujarnya. 

Baca Juga: Pak Luhut, Kapan Masyarakat Bisa Lepas Masker?

Nadia menambahkan, pemerintah tidak akan terburu-buru mengubah status pandemi menjadi endemi. Sebab, dalam kondisi endemi, kasus Covid-19 masih akan tetap ada sehingga masyarakat saat ini didorong untuk bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. 

"Yang paling penting saat endemi walaupun kasusnya ada, tapi dia (kasus Covid-19) tidak menggangu kehidupan kita seperti saat ini," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Covid-19 Terus Menurun, Kapan Pemerintah Cabut Kebijakan PPKM?"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Egidius Patnistik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×