CLOSE [X]

Apakah Indonesia Sudah Melewati gelombang Ketiga Covid-19? Ini Jawaban Kemenkes

Rabu, 02 Maret 2022 | 10:43 WIB Sumber: Kompas.com
Apakah Indonesia Sudah Melewati gelombang Ketiga Covid-19? Ini Jawaban Kemenkes

ILUSTRASI. Kemenkes belum bisa memastikan apakah Indonesia sudah melewati gelombang ketiga Covid-19 atau belum.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum bisa memastikan apakah Indonesia sudah melewati gelombang ketiga Covid-19 atau belum. 

Namun, menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, satu pekan ke depan akan menjadi penentu gelombang ketiga Covid-19. 

Sebab, kata dia, mobilitas masyarakat pada akhir Februari meningkat sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan kasus Covid-19. 

"Prediksi kita ini pada minggu ke empat dan awal Maret ini karena memang kita melihat adanya potensi lonjakan kasus yang bisa saja terjadi akibat libur panjang pada minggu ini," kata Nadia dalam konferensi secara virtual, Selasa (1/3/2022). 

Baca Juga: Menuju Endemi Covid-19, Ini Sejumlah Indikator yang Harus Indonesia Capai

Nadia berharap tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 meski ada potensi peningkatan kasus akibat libur panjang pekan lalu. 

"Kita tunggu ya bagaimana nanti apakah liburan Sabtu Minggu kemarin bisa jadi potensi lonjakan kasus, semoga tidak ya," ujarnya. 

Baca Juga: Indonesia Menuju Endemi Covid-19, Ini Salah Satu Jalan Menurut Kemenkes

Lebih lanjut, Nadia berharap tidak ada rekor kasus harian Covid-19 terbaru melebihi kasus harian tertinggi yaitu 64.718 pada 16 Februari yang lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes Sebut Seminggu ke Depan Jadi Penentu Gelombang Ketiga Covid-19"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Bagus Santosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru