kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Dampaknya Bagi Dunia Jika AS dan China Semakin Panas? Ini Jawaban Ekonom AS


Selasa, 14 Februari 2023 / 11:26 WIB
Apa Dampaknya Bagi Dunia Jika AS dan China Semakin Panas? Ini Jawaban Ekonom AS
ILUSTRASI. AS dan China berada di jalur tabrakan yang sangat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak serius bagi seluruh dunia. REUTERS/Kevin Lamarque

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Amerika Serikat dan China berada di "jalur tabrakan yang sangat berbahaya" yang dapat menimbulkan dampak serius bagi seluruh dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh ekonom terkemuka AS Jeffrey Sachs pada Senin (13/2/2023).

Mengutip Channel News Asia, kondisi ini terjadi di tengah aksi saling klaim dari dua kekuatan global atas penerbangan balon ketinggian tinggi di wilayah udara masing-masing.

“Ambil Ukraina sebagai tanda peringatan. Hal yang sama bisa terjadi di Asia, itu akan menghancurkan dunia,” kata Dr Sachs, direktur Pusat Pembangunan Berkelanjutan di Universitas Columbia, kepada CNA Asia Now.

Dia menambahkan, “Kita membutuhkan China dan Amerika Serikat untuk berbicara satu sama lain, untuk bernegosiasi satu sama lain, untuk berdialog satu sama lain. Tapi itu tidak terjadi sekarang.”

Memaksa negara lain untuk memihak

Menurut Dr. Sachs, konflik geopolitik di antara negara-negara besar dapat memaksa pihak-pihak yang tidak terlibat untuk memihak, yang mengakibatkan hubungan yang tegang. 

Kondisi itu bahkan mendesak negara-negara, termasuk di Asosiation of South East Asian Nations (ASEAN), untuk mengambil posisi.

“Jadi saya berharap ASEAN sebagai sebuah kelompok dapat mengatakan kepada Amerika Serikat dan mengatakan kepada China, 'Jangan membuat kami memilih. Jika kita harus memilih, kita menginginkan hubungan yang baik dengan kedua belah pihak. Kami tidak ingin memilih,’” kata Dr Sachs di sela-sela KTT Pemerintah Dunia di Dubai.

Baca Juga: China: Balon AS Masuk Tanpa Izin Lebih dari 10 Kali Sejak Awal 2022

KTT ini menyatukan para pemimpin pemikiran, pakar global, dan pembuat keputusan dari seluruh dunia untuk berbagi dan mengembangkan kebijakan yang penting dalam membentuk pemerintahan di masa depan.

“Seluruh dunia harus mengatakan dengan sangat jelas bahwa mereka tidak ingin terlibat dalam perkelahian, atau lebih baik lagi, menghentikan perkelahian, karena dua kekuatan utama harus dapat bekerja sama satu sama lain dan menghindari konflik,” kata Dr. Sachs.

Dia percaya pendekatan semacam itu bahkan dapat mengakhiri perang di Ukraina. Sachs juga bilang, kekuatan besar di luar konflik dapat meningkatkan dan menyerukan agar perang dihentikan.

Dia merujuk Brasil, China, India, dan Indonesia sebagai beberapa negara yang dapat menyampaikan kekhawatiran mereka.

“Jadi saya mencari suara dari negara-negara yang tidak terlibat langsung. Kami telah mendengar dari AS, kami telah mendengar dari Inggris, kami telah mendengar dari UE (Uni Eropa). Kami telah mendengar dari Rusia, kami telah mendengar dari Ukraina, tetapi sebagian besar dunia berada di sela-sela. Dan saya pikir jika negara-negara itu maju sekarang … dan mengatakan perang ini menghancurkan semua pihak, itu akan membuat perbedaan besar,” tambahnya.

Baca Juga: Militer AS Tembak Benda Silinder yang Tak Dikenal di Langit Kanada

Mengenai perang Rusia-Ukraina, Dr Sachs mengatakan kedua belah pihak perlu terlibat satu sama lain.

Kedua belah pihak, koalisi pimpinan AS dan Rusia, belum duduk untuk bernegosiasi, dan itu “menggoyahkan seluruh dunia”, tambahnya.

Menurutnya, saat ini kita sedang hidup di masa ketika geopolitik benar-benar mendominasi ekonomi global. Dan selama geopolitik penuh dengan perpecahan, sulit dipercaya bahwa dunia akan memiliki kelancaran ekonomi.



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×