kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Lebaran, Kemenhub Siapkan 509 Kereta Api


Sabtu, 18 Maret 2023 / 07:30 WIB
Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Lebaran, Kemenhub Siapkan 509 Kereta Api

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 509 kereta api saat lebaran 2023 nanti.

"Kereta yg disiapkan 453 unit kereta dan kereta tambahan 56 unit. Jadi total kereta yang disiapkan 509," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal dihubungi Kontan.co.id, Jumat (17/3).

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono menyampaikan, guna mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, DJKA berkoordinasi dengan operator untuk dilakukan penambahan frekuensi dan kapasitas perjalanan KA dengan mengoptimalkan sarana siap operasi yang tersedia.

Baca Juga: Persiapkan Angkutan Lebaran, Ditjen Perkeretaapian Lakukan Ramp Check Sejak Februari

"Untuk mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana, kami juga akan menempatkan lokomotif posko, kereta pembangkit, crane serta penempatan AMUS pada lokasi yang ditentukan, harapannya pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan zero accident seperti tahun sebelumnya" kata Djarot.

Lebih lanjut, DJKA juga telah melaksanakan kegiatan ramp check di 9 Daerah Operasi (Daop) dan 4 Divisi Regional (DIVRE).

Selain ramp check juga dilakukan inspeksi keselamatan perkeretaapian yang dilaksanakan bersama dengan PT. KAI (Persero) dan KNKT dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi. Upaya tersebut dilakukan guna menyiapkan angkutan sektor kereta api pada lebaran 2023.

Baca Juga: 76 BUMN Gelar Program Mudik Gratis, Ini Informasinya

Ia menjelaskan, kegiatan ramp check dan Inspeksi perkeretaapian merupakan kegiatan rutin yang dilakukan terlebih setiap menjelang masa Angkutan Lebaran dan Nataru.

"Sebagai bentuk upaya persiapan Angkutan Lebaran tahun ini, kami telah melaksanakan kegiatan ramp check dan inspeksi baik dari sisi sarana dan prasarana perkeretaapian yang dimulai sejak bulan Februari hingga bulan Maret," tutur Djarot.

Lebih lanjut, Djarot mengatakan, Kementerian Perhubungan juga akan mengadakan Posko Pengawasan Terpadu dalam rangka monitoring penyelenggaraan transportasi serta perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×