kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkatan laut Brasil punya kapal selam baru


Selasa, 15 Desember 2020 / 16:45 WIB
Angkatan laut Brasil punya kapal selam baru

Sumber: Naval News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BRASILIA. Hari Jumat (11/12) lalu, Angkatan Laut Brasil resmi menerima unit kapal selam kelas Riachuelo bertipe Scorpene. Kapal selam ini rencananya akan mulai bertugas pada tahun 2022 mendatang.

Unit kapal selam ini diluncurkan oleh perusahaan negara Itaguaí Construçoes Navais (ICN). Peluncuran ini juga menandai kesuksesan program PROSUB yang saat ini dibangun oleh ICN berkat transfer teknologi dan produksi dari pembuat kapal Prancis Naval Group.

Dikutip dari Naval News, program PROSUB adalah perpanjangan penting dari perjanjian kerjasama pertahanan strategis yang ditandatangani antara Prancis dan Brasil pada Desember 2008 di Rio de Janeiro.

Pada tahun 2009 Naval Group mendapatkan kepercayaan dari Angkatan Laut Brasil untuk merancang dan mentransfer teknologi untuk pembangunan lokal empat kapal selam Scorpene konvensional.

Baca Juga: Dua unit kapal destroyer baru China mulai diterjunkan dalam latihan militer

Naval Group juga dipercaya untuk mendesain dan memberikan bantuan manufaktur untuk bagian non-nuklir dari kapal selam bertenaga nuklir pertama Brasil tersebut.

Dalam program ini, Angkatan Laut Brasil akan menerima tiga unit kapal selam baru dalam waktu tiga tahun. Diawali oleh kapal selam Humaitá yang rilis Desember ini dan akan bertugas sekitar pertengahan tahun 2022 mendatang.

Dua unit kapal selam Brasil berikutnya adalah Tonelero yang akan diluncurkan Desember 2021 sebelum dikirimkan ke angkatan laut tahun 2023, serta kapal selam Angostura yang diluncurkan Desember 2022 dan akan mulai diserahkan ke pemerintah tahun 2024.

Baca Juga: Kapal perang Indonesia lebih sedikit dari Thailand, ini perbandingannya

Spesifikasi kapal selam Scorpene kelas Riachuelo Brasil

Secara umum kapal selam tipe Scorpene bukanlah unit yang terlalu besar. Naval News mencatat bahwa kapal selam baru milik Brasil ini hanya berbobot 1.600 - 2.000 ton saja.

Memiliki panjang sekitar 72 meter, kapal ini mampu melesat dengan kecepatan lebih dari 20 knot dan menyelam hingga kedalaman 350 m. Kapal selam ini diharapkan memiliki daya jelajah lebih dari 240 hari dalam satu tahun.

Dengan ukuran sebesar itu, kapal selam dari kelas Riachuelo ini mampu menampug 35 kru saja, serta dilengkapi dengan total muatan senjata sebanyak 18 unit dan tabung rudal sebanyak 6 titik.

Selanjutnya: Makin akrab, China dan Pakistan kembali gelar latihan militer bersama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×