kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anggota APBI Akan Penuhi Ketersediaan Stok Batubara di Beberapa PLTU


Rabu, 05 Januari 2022 / 07:35 WIB
Anggota APBI Akan Penuhi Ketersediaan Stok Batubara di Beberapa PLTU

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah secara resmi menghentikan ekspor batubara mulai dari 1 Januari 2022 sampai dengan 31 Januari 2022 karena adanya laporan dari PLN perihal kondisi persediaan batubara di sejumlah PLTU grup PLN yang sangat rendah. 

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia mengatakan sesuai arahan dari Ketua Umum APBI, perusahaan-perusahaan anggota all-out untuk segera mungkin membantu ketersediaan stok di beberapa PLTU. Beberapa perusahaan bahkan di antaranya telah melebihi kewajiban DMO-nya, juga ikut berkontribusi mengirimkan pasokan ke PLN. 

Perihal pertemuan intensif antara Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dan Kementerian Perdagangan sudah berlangsung secara intensif setiap hari sejak tanggal 1 Januari 2022, pihak APBI masih menantikan pertemuan lebih lanjut dengan Pemerintah di tanggal 5 Januari 2022

"Saat ini prioritas utama dari semua pihak baik Pemerintah dan pelaku usaha adalah memastikan ketersediaan pasokan ke beberapa PLTU seperti yang disampaikan oleh PLN melalui surat ke Pemerintah yang menjadi dasar dari diterbitkannya kebijakan larangan ekspor sementara tersebut," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (4/1). 

Salah satu kendala utama yang dihadapi sejumlah pelaku usaha di lapangan yang menghambat percepatan distribusi pasokan adalah masalah ketersediaan kapal pengangkut. Hendra bilang, hal ini yang dikeluhkan oleh para produsen batubara yang berusaha memenuhi kewajiban DMO serta melaksanakan kontrak pasokan ke PLN. 

Baca Juga: Optimistis, Ancora Indonesia (OKAS) Bidik Penjualan US$ 125 Juta pada 2022

"Mengingat isu kelancaran pasokan melibatkan lintas sektoral, kami mengusulkan agar dibentuk semacam suatu crisis center yang mengikutsertakan kementerian/lembaga terkait seperti antara lain Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementerian ESDM, dan Kementerian Keuangan (Ditjen Bea & Cukai)," tegasnya. 

Adapun dalam tim bersama itu sebaiknya mengacu menggunakan referensi acuan data yang sama. Di sisi lain, APBI juga berupaya mengkoordinasikan data/update dari para anggota untuk memastikan para anggota membantu kelancaran pasokan serta memenuhi kewajiban DMO mereka. 

Selain itu, lanjut Hendra, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan para mitra di luar negeri dalam membantu menjelaskan situasi serta update perkembangan dan meyakinkan komitmen Indonesia untuk sebagai supplier batubara yang reliable

Hendra optimistis, jika kerjasama yang erat dari semua pihak berjalan dengan baik, APBI optimis kelangkaan pasokan di beberapa PLTU seperti yang dikeluhkan oleh PLN bisa segera teratasi dan berharap keran ekspor bisa secara bertahap di buka dengan tetap memperhatikan kewajiban pelaksanaan DMO dari seluruh perusahaan. 

"APBI juga berharap penyelesaian solusi permanen harus juga menjadi prioritas agar kejadian ini tidak terulang lagi ke depannya agar negara dapat mengoptimalkan devisa ekspor dari komoditas batubara serta terjaminnya ketahanan energi nasional," kata Hendra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×