Global

Angela Merkel bakal mengakhiri 16 tahun kekuasaannya di Negeri Bir

Rabu, 27 Januari 2021 | 13:31 WIB Sumber: Kompas.com
Angela Merkel bakal mengakhiri 16 tahun kekuasaannya di Negeri Bir

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Pada September 2021 mendatang, Kanselir Jerman Angela Merkel akan mundur dan mengakhiri 16 tahun kekuasaannya di "Negeri Bir". 

Sebelum benar-benar lengser, Persatuan Demokrat Kristen Jerman (CDU) memilih ketua baru pada Sabtu (16/1/2021) untuk menyatukan partai konservatif mereka. 

Merkel (66) telah menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 2005 dan menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Ia dapat menggerakkan perekonomian Eropa, dan bisa membantu menentukan nasib krisis pengungsi terbesar sejak Perang Dunia II. 

Namun, di balik wibawa serta ketegasannya, ternyata Angela Merkel memiliki sederet fakta unik yang mungkin tidak banyak orang tahu. 

Melansir majalah TIME, berikut adalah 13 fakta unik Angela Merkel. 

Baca Juga: Kanselir Jerman: Masa-masa sulit pandemi corona akan bertahan untuk sementara waktu

1. Nama masa kecil 

Angela Merkel dibesarkan dengan nama Angela Kasner, dan keluarga ayahnya sebagian besar keturunan Polandia. Ia memakai nama Merkel sesuai nama suami pertamanya Ulrich Merkel, yaitu sesama mahasiswa fisika yang dinikahinya pada 1977 tetapi bercerai empat tahun kemudian, menurut profilnya di New Yorker. 

2. Masa kecil 

Ayah Merkel memindahkan keluarganya dari Jerman Barat ke Jerman Timur yang dikuasai Soviet tak lama setelah Angela lahir, meski ribuan orang lainnya melarikan diri ke arah sebaliknya. Pendekatan Merkel yang disiplin dan hati-hati di dunia politik kerap dikaitkan dengan masa lalunya di Jerman Timur.

Baca Juga: Kanselir Jerman: Tantangan yang ditimbulkan pandemi corona tetap besar

3. Nama panggilan 

Para pendukung Angela Merkel di Jerman memanggilnya Mutti, yang berarti ibu atau bunda. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru