kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis sebut konflik Rusia vs Ukraina bisa timbulkan perang Eropa dan dunia


Senin, 05 April 2021 / 11:25 WIB
Analis sebut konflik Rusia vs Ukraina bisa timbulkan perang Eropa dan dunia

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Moskwa. Ahli militer khawatir perang Eropa atau bahkan perang dunia bisa berkobar. Hal itu karena ketegangan Rusia dengan Ukraina.

Kedatangan 4.000 tentara Rusia di wilayah perbatasan dengan Ukraina dapat memicu perang Eropa. Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang ahli militer sekaligus analis militer Rusia, Pavel Felgenhauer.

Felgenhauer menyampaikan pernyataannya ketika tensi antara Rusia dan Ukraina semakin menegang sebagaimana dilansir New York Post, Sabtu (3/4/2021). "Krisis ini berpotensi meningkat menjadi perang pan-Eropa, bisa juga jadi perang dunia," kata Felgenhauer.

Felgenhauer mengatakan hal tersebut dalam wawancara terbarunya dengan outlet berita Rosbalt di Rusia. “Akankah itu terjadi atau tidak? Kita lihat saja. Di Barat, mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan," sambung Felgenhauer.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung Ukraina dalam jika negara tersebut benar-benar berperang dengan Rusia. Hal itu diungkapkan Biden dalam panggilan teleponnya kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Makin bergigi, Rusia tingkatkan Admiral Vinogradov jadi fregat berpeluru kendali

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia semakin memanas setelah Moskwa mengerahkan pasukannya di dekat perbatasan. "Presiden Biden menegaskan dukungan tak tergoyahkan dari AS untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dalam menghadapi agresi berkelanjutan Rusia di Donbass dan Krimea," bunyi pernyataan dari AS.

Pekan ini, Rusia mengancam bahwa eskalasi di Donbass dapat mencapa skala yang “menghancurkan” jika NATO campur tangan sebagaimana dilansir Reuters. Ukraina, negara-negara Barat, dan NATO menuduh Rusia mengirim pasukan dan senjata berat untuk menopang proksinya di Donbass.

Rusia mengatakan, pihaknya hanya memberikan dukungan politik dan kemanusiaan kepada pejuang separatis. Kremlin sendiri menganggap masalahnya dengan Ukraina sebagai konflik internal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konflik Rusia-Ukraina Bisa Picu Perang Eropa",


Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Selanjutnya: Rusia kirim pasukan dalam jumlah besar ke perbatasan Ukraina, ada apa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×