Anak Usia 6-11 Tahun Boleh Divaksin Covid-19 dengan Sinovac, Ini Alasannya

Selasa, 21 Desember 2021 | 10:10 WIB Sumber: Kompas.com
Anak Usia 6-11 Tahun Boleh Divaksin Covid-19 dengan Sinovac, Ini Alasannya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan vaksin Sinovac untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan atas dasar izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Maxi Rein Rondonuwu.

“Jadi saat ini yang sudah ada izin baru Sinovac, ya enggak tahu ya tahun depan, Minggu depan, kalau sudah ada (vaksin lain) juga yang lolos dari BPOM bisa juga dari vaksin lain tapi untuk saat ini Sinovac,” ujar Maxi dalam diskusi daring “Vaksinasi Aman untuk anak”, Senin (20/12/2021). 

Menurut dia, ini yang menjadi dasar bagi pemerintah menggunakan Sinovac untuk anak 6-11 tahun. 

Maxi mengatakan, tidak ada batasan merek atau jenis vaksin yang diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan terkait vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu. 

Menurut dia, syarat penggunaan vaksin hanyalah adanya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM. 

Baca Juga: Anak Takut Disuntik? Ini Tips Menenangkan Anak yang Takut Suntik Vaksin Covid-19

“Soal vaksin, kami di Peraturan Menteri Kesehatan tidak mengatur satu atau dua jenis yang di yang diatur adalah vaksin yang sudah memenuhi syarat ya tentu yang sudah memenuhi syarat mendapatkan EUA dari Badan POM,” ujar Maxi. 

Di sisi lain, Kemenkes mengatakan, vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun berjalan dengan lancar. Maxi menyebut, sejak kick off vaksinasi yang dimulai pada 14 Desember lalu, anak usia 6-11 tahun yang terdata untuk divaksin semakin meningkat. 

"Jadi saya kira vaksinasi berjalan lancar, aman, dan peminatnya tentu makin lama makin banyak ya, baru seminggu lebih," ujar Maxi.

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 Per 20 Desember: Ada Penambahan 486.334 Dosis Vaksin

Menurut Maxi, Kementerian Kesehatan kini fokus menggencarkan vaksinasi untuk seluruh kelompok, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia (lansia).

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru