kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ambisi Putra Mahkota Arab Saudi Bangun Gedung Pencakar Langit senilai Rp 14.977 T


Senin, 25 Juli 2022 / 11:29 WIB
Ambisi Putra Mahkota Arab Saudi Bangun Gedung Pencakar Langit senilai Rp 14.977 T
ILUSTRASI. Arab Saudi diam-diam memiliki proyek rahasia yang merupakan bangunan dua paralel dan berhadapan seperti cermin. REUTERS/Jorge Silva

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Arab Saudi diam-diam memiliki proyek rahasia. Proyek tersebut merupakan bangunan dua paralel, dan berhadapan seperti cermin yang tingginya hampir 500 meter dan lebar 75 mil (120 kilometer).

Melansir Mirror, gedung pencakar langit senilai US$ 1 triliun atau setara dengan Rp 14.977 triliun itu akan terbuat dari kaca cermin yang akan membentang melintasi gurun dan berdiri lebih tinggi dari Empire State Building.

Proyek rahasia tersebut pertama kali dibocorkan oleh The Wall Street Journal. Dokumen perencanaan rahasia itu menguraikan rincian untuk "Mirror Line",  yang akan menjadi gedung tertinggi di dunia jika berhasil dibangun.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman berencana untuk membangun kota nol karbon dalam garis 170 km dan bangunan itu akan menjadi pusat kota gurun baru yang disebut Neom - yang luas wilayahnya akan berukuran seperti kota Massachusetts.

Pangeran bin Salman mengatakan dia ingin negaranya memiliki proyek konstruksi yang ikonik dan abadi seperti Piramida Mesir.

Kedua bangunan akan terhubung melalui jalan setapak, dan kereta berkecepatan tinggi akan berjalan di bawahnya.

Baca Juga: 11.588 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air pada Hari ke-4 Pemulangan

Menurut dokumen rahasia tersebut, bangunan delapan sisi akan membentang dari Teluk Aqaba hingga resor pegunungan, semua dengan kompleks olahraga yang didirikan, marina hingga kapal pesiar tambat dan kompleks yang akan menampung pemerintah Saudi.

Proyek ini juga akan menampung lima juta orang, yang akan dapat melakukan perjalanan dari ujung ke ujung dalam waktu 20 menit.

Pangeran telah mengklaim bahwa dia ingin Mirror Line sudah selesai dibangun pada tahun 2030. Akan tetapi, para insinyur mengatakan perlu waktu 50 tahun untuk membangunnya.

Baca Juga: Joe Biden akan Bertemu Pangeran Saudi Mohammed bin Salman di Tengah Hujan Kritik

Mohammed bin Salman berharap dapat menciptakan ribuan pekerjaan baru dan membiarkan negara kaya minyak itu berhenti bergantung pada sumber daya untuk kekayaan.

Mengutip The Indian Express yang melansir The Wall Street Journal, Mirror Line dirancang oleh Morphosis Architects yang berbasis di AS, yang didirikan oleh pemenang Penghargaan Arsitektur Pritzker Thom Mayne. 

Desainnya melibatkan setidaknya sembilan perusahaan konsultan desain dan teknik lainnya, termasuk WSP Global yang berbasis di Montreal dan Thornton Tomasetti di New York.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×