Alasan Mengapa Harga BBM Akan Diumumkan Setiap Minggu

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:24 WIB Sumber: Kompas.com
Alasan Mengapa Harga BBM Akan Diumumkan Setiap Minggu


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat harus bersiap untuk mengalami fluktuasi harga BBM. Pasalnya, Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana mengumumkan perubahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sekali sepekan. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Menteri BUMN Pahala Mansuri saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Selasa (24/1/2023). 

"Ini kita bagaimana melakukan sosialisasi, pemahaman kepada masyarakat mengenai penyesuaian BBM," kata Pahala. 

Pahala menambahkan, berdasarkan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, pengumuman harga BBM akan disesuaikan dengah perubahan harga minyak mentah dunia dalam sepekan. 

Adapun jenis BBM yang rencananya akan diumumkan sekali sepekan termasuk Jenis BBM umum atau BBM di luar dari Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) hingga Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi.  

"Sesuai arahan pak Erick dan Menteri ESDM bahwa bagaimana kita bisa melihat harga BBM itu kan tergantung selama harga minyak dunia, khususnya jenis BBM yang tidak termasuk dalam jenis BBM Khusus atau JBKP atau pun JBT," jelasnya. 

Baca Juga: Pemerintah dan Pertamina Siap Implementasi B35 pada Awal Februari 2023

Pahala menjelaskan, masyarakat harus siap jika harga BBM mengalami pergerakan yang fluktuatif. Dia bilang, saat penyesuaian dilakukan kebawah, tapi ada saatnya nanti penyesuaian harga dilakukan keatas. 

"Misalnya penyesuaiannya ke atas, saat ini bisa penyesuaian ke bawah. Tapi nantinya ke atas lagi ya itu bagian dari konsekuensi ini, sosialisasi ini," tambahnya. 

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pengumuman penyesuaian harga BBM Pertamax atau BBM non-subsidi seminggu sekali dilakukan sebagai bentuk transparansi data kepada masyarakat. 

Baca Juga: Cara Daftar MyPertamina Untuk Solar Di Subsiditepat.mypertamina.id, Berlaku 26/1/2023

Mantan Presiden Inter Milan itu mengatakan, masyarakat perlu mengetahui bahwa harga BBM jenis Pertamax atau non subsidi mengikuti penyesuaian harga minyak dunia. 

"Kalau (Harga BBM) naik juga jangan marah, ini kadang dipersepsikan seperti itu. Kita ingin mengikuti pasar yang memang undang-undangnya jelas, pemerintah membantu BBM jenis a,b,c (Solar dan Pertalite) yang ini (Pertamax ikuti) harga pasar," kata Erick Thohir di SPBU Pertamina di Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga BBM Bakal Diumumkan Tiap Minggu, Wamen I BUMN: Kita Lakukan Sosialisasi"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru