Alasan investor menjadikan perusahaan Warren Buffett pilihan investasi

Sabtu, 12 Desember 2020 | 19:05 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Alasan investor menjadikan perusahaan Warren Buffett pilihan investasi

KONTAN.CO.ID - Kisah sukses investor legendaris Warren Buffett tak pernah habis dibicarakan. Kali ini muncul dari salah satu investor yang menjadikan perusahaan Warren Buffett yakni Berkshire Hathaway  sebagai investasinya. Ia mengaku bisa tidur nyenyak dengan menjadi pemegang saham Berkshire Hathaway.

Selena Maranjian adalah seorang perencana keuangan dan investor yang juga pengangum investor kawakan Warren Buffett. Dalam artikelnya di THe Motley Fool berjudul "If I Could Buy Only 1 Stock, This Would Be It" yang dipublikasikan Jumat 11 Desember 2020, membeberkan alasannya mengapa menjadikan Berkshire Hathaway sebagai salah satu dalam portofolio dengan kepemilikan terbesar ketiganya.

Berikut penuturannya:

Merupakan latihan pikiran yang menyenangkan untuk membayangkan saham apa yang akan Anda beli jika Anda hanya dapat membelinya. Beberapa kandidat muncul di benak saya, seperti Amazon.com dan Apple. Tapi saya rasa jawaban terbaik saya adalah saham yang satu ini: Berkshire Hathaway.

Jika tidak membunyikan bel, ketahuilah bahwa itu telah dipimpin selama lebih dari 50 tahun oleh seorang rekan bernama Warren Buffett  dan ini adalah kepemilikan terbesar ketiga saya, membuat bagian yang berarti dari nilai portofolio saya secara keseluruhan.

Baca Juga: Mackenzie Scott masuk daftar wanita paling berpengaruh di dunia tahun 2020

Temui Berkshire Hathaway

Jika Anda tidak terbiasa dengan Berkshire Hathaway, ketahuilah bahwa ini sangat besar. Baru-baru Berkshire Hathaway adalah perusahaan terbesar ke-10 di dunia (berdasarkan nilai pasar). Menurut laporan tahunan 2019, per akhir 2019, Berkshire Hathaway mempekerjakan sekitar 391.500 orang.

Berikut ini banyak hal lain yang perlu diketahui tentang perusahaan, banyak di antaranya akan menjelaskan mengapa saya ingin memiliki begitu banyak.

Pertumbuhan yang solid

Berkshire Hathaway telah menjadi penanam investasi yang kuat sejak lama. Dari 1965 hingga 2019, harga sahamnya tumbuh pada tingkat gabungan tahunan sebesar 20,3%, cukup untuk mengubah investasi awal US$ 10.000 menjadi lebih dari US$ 210 juta!

Namun, pahamilah bahwa itu adalah rata-rata jangka panjang, termasuk tahun-tahun awal ketika Berkshire Hathaway dapat tumbuh lebih cepat. Saya perkirakan, seperti yang disarankan oleh Buffett, bahwa tingkat pertumbuhan di masa depan tidak akan setinggi itu.

Baca Juga: 5 Tips dan strategi berinvestasi dari Warren Buffet yang bisa dicoba pemula

Saham defensif

Berkshire Hathaway adalah perusahaan asuransi dan energi saat ini, dan Berkshire Hathaway adalah industri yang sangat defensif: Tidak peduli apa yang sedang dilakukan perekonomian, orang dan perusahaan kemungkinan besar akan terus membayar untuk listrik dan perlindungan. Itu saja membuatnya menjadi stok yang relatif aman.

Diversifikasi besar

Editor: Noverius Laoli
Terbaru