kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhirnya, Hong Kong Akan Buka Lagi Perbatasan dengan China Daratan


Minggu, 25 Desember 2022 / 05:45 WIB
Akhirnya, Hong Kong Akan Buka Lagi Perbatasan dengan China Daratan

Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Kebijakan ketat Covid-19 dilonggarkan, Hong Kong bersiap membuka kembali perbatasannya dengan China daratan pada pertengahan Januari 2023 mendatang.

Pembukaan kembali perbatasan ini setelah China mempercepat pencabutan aturan COVID-19 yang ketat yang telah menghancurkan pertumbuhan ekonomi negara itu.

Kepala Eksekutif Kota Hong Kong John Lee berbicara pada acara pers di bandara di Hong Kong ketika dia kembali dari perjalanan ke Beijing mengatakan, tujuan pembukaan kembali Hong Kong secara "bertahap, teratur, dan penuh" adalah untuk mengembalikan perbatasan ke sebelum wabah virus. .

"Tujuan kami adalah untuk segera mencapai konsensus dengan pemerintah pusat, menyerahkan rencana kami kepada pemerintah pusat untuk ditinjau dan dilaksanakan sebelum pertengahan Januari," kata Lee seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/12).

Baca Juga: Kasus Covid-19 China Meledak Lagi, Shanghai Minta Warganya Diam di Rumah

Pihak berwenang Hong Kong akan bekerja dengan pemerintah kota tetangga Shenzhen dan provinsi Guangdong untuk mengatur arus orang yang melintasi perbatasan Hong Kong.

Pembatasan perjalanan melintasi perbatasan diberlakukan pada awal tahun 2020. Pembukaan kembali ditunda beberapa kali karena wabah di Hong Kong atau China daratan. Hong Kong dan China tertinggal di sebagian besar dunia dalam melonggarkan aturan COVID yang ketat.

Orang-orang di wilayah administrasi khusus China Hong Kong hanya dapat mengakses daratan melalui bandara kota atau dua pos pemeriksaan - Teluk Shenzhen atau jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau.

Persiapan untuk pembukaan kembali sedang dilakukan, termasuk mengerahkan ribuan petugas dari bea cukai kota, imigrasi, dan layanan polisi, kata media setempat.

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada 12 Desember bahwa otoritas daratan telah mengizinkan pengemudi truk lintas batas untuk mengumpulkan dan mengirimkan barang langsung ke tujuan mereka tanpa menggunakan pos pemeriksaan yang ditentukan.

Penumpang internasional yang tiba di Hong Kong sejak pertengahan bulan tidak lagi tunduk pada kontrol pergerakan terkait COVID atau dilarang masuk ke tempat-tempat tertentu.

Pelancong yang tiba juga dapat melanjutkan langsung ke daratan China atau Makau selama memenuhi kriteria yang dipersyaratkan, kata pemerintah kota. Sebelumnya mereka harus menunggu tiga hari di kota sebelum melanjutkan perjalanan ke daratan.

Baca Juga: Rumah Sakit Shanghai Memperingatkan Pertempuran Tragis Melawan COVID-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×