Airlangga Hartarto: Program Konversi Kompor Listrik Tidak Akan Diterapkan Tahun Ini

Sabtu, 24 September 2022 | 06:45 WIB   Reporter: Dendi Siswanto
Airlangga Hartarto: Program Konversi Kompor Listrik Tidak Akan Diterapkan Tahun Ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara terkait isu program konversi kompor listrik baru-baru ini. Ia mengatakan, pemerintah belum memutuskan untuk menerapkan kebijakan tersebut.

Terlebih lagi program konvensi kompor listrik tersebut tidak akan diterapkan di tahun ini. Hal ini dikarenakan pembahasan anggaran dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI masih belum ada pembicaraan 

"Pemerintah belum memutuskan terkait program konversi LPG 3 Kg menjadi kompor listrik induksi. Namun dapat dipastikan program ini tidak akan dilakukan di tahun 2022," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers terkait Program Konversi Kompor LPG 3 Kg ke Kompor Induksi Listrik, Jumat (23/9).

Baca Juga: Pemerintah Buka Opsi Impor Kompor Induksi Jika Industri Domestik Belum Siap

Airlangga mengatakan bahwa program konversi kompor listrik induksi ini masih dalam tahap uji coba sebanyak 2000 unit dari rencana 300 ribu unit yang akan dilaksanakan di Bali dan Solo.

Nantinya, hasil uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi dan perbaikan, sehingga pemerintah akan menghitung secara hemat baik segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum program tersebut dilakukan.

"Saya sampaikan bahwa pemerintah belum memutuskan terkait program konversi LPG 3 Kg menjadi kompor listrik induksi," katanya.

Selanjutnya: Kekurangan Pasokan Tembaga Mengancam Ekonomi Global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru