kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adhi Karya (ADHI) Mengejar Target Proyek RDF Plant Bantargebang


Rabu, 12 Oktober 2022 / 07:00 WIB
Adhi Karya (ADHI) Mengejar Target Proyek RDF Plant Bantargebang

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejalan dengan rencana Pemerintah dalam mengatasi masalah sampah perkotaan dan meningkatkan sumber energi terbarukan, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) segera merampungkan pembangunan RDF Plant Bantargebang yang akan menjadi RDF Plant terbesar di Indonesia.

RDF ini diproyeksikan bisa menampung dan mengolah sampah hingga 2.000 ton/hari. Progres pembangunan fisik dari RDF Plant per Oktober 2022 telah mencapai 83%.

Perseroan memproyeksikan proyek tersebut bisa menjadi salah satu solusi dari penumpukan sampah untuk diolah menjadi energi yang bermanfaat. Fasilitas ini akan mengubah endapan sampah di TPST Bantargebang menjadi bahan bakar yang mampu menjadi sumber energi layaknya batubara.

Produk yang dihasilkan dari pengolahan RDF ini memiliki nilai kalor yang setara dengan nilai kalor batubara muda.

Baca Juga: Indodax Jalin Kerjasama Pengelolaan Sampah dengan Startup Waste Management

Farid Budiyanto, Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk menjelaskan lingkup pekerjaan pembangunan ADHI meliputi, fasilitas pengolahan sampah, fasilitas Landfill Mining sebagai lahan urug zona sampah terdekomposisi, dan bangunan penunjang lainnya, seperti gudang produk, kantor pengelola, area kelistrikan, workshop dan landscape.

“Fasilitas ini direncanakan akan selesai pada Desember 2022 dan siap dioperasikan di tahun 2023. Sebelumnya telah dilakukan soft opening dari proyek pembangunan RDF Plant Bantargebang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (11/10).

Dengan pengalaman pembangunan ini, ADHI akan terus menangkap peluang konstruksi berbasis lingkungan yang memiliki potensi cukup besar, mengingat Kementerian ESDM memiliki target energi baru dan terbarukan, hingga 23% di tahun 2025 dan 29% di tahun 2030. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×