Global

Ada rumor Amerika bakal terapkan lockdown nasional, ini kata Joe Biden

Jumat, 20 November 2020 | 12:08 WIB Sumber: Business Insider,Reuters
Ada rumor Amerika bakal terapkan lockdown nasional, ini kata Joe Biden


KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 di Amerika Serikat, melansir Reuters, telah melonjak hampir 50% dalam dua minggu terakhir. Kondisi ini memaksa sejumlah negara bagian untuk memberlakukan pembatasan baru untuk mengekang penyebaran virus corona. Apalagi saat ini Amerika menghadapi musim dingin.

Melonjaknya kasus corona di AS memicu rumor bahwa Presiden AS terpilih akan menerapkan penguncian (lockdown) nasional untuk menekan angka penularan virus. Benarkah?

Menanggapi hal tersebut, Biden pada Kamis (19/11/2020) berkomitmen untuk menjaga ekonomi AS tetap terbuka. Ini sekaligus mengklarifikasi isu tentang penguncian nasional.

"Saya tidak akan menghentikan ekonomi, titik," kata Biden pada konferensi pers seperti yang dilansir Business Insider. "Saya akan mematikan virusnya."

Baca Juga: Biden terpilih jadi Presiden AS, bagaimana Indonesia bisa ambil keuntungan?

Dia kemudian menekankan: "Tidak ada lockdown nasional."

Sebelumnya, Biden memberikan jawaban serupa untuk pertanyaan hipotetis tentang lockdown nasional, dengan mengatakan dia akan mengikuti saran para ahli medis.

Gagasan tentang Biden menutup ekonomi adalah poin pembicaraan berulang dari kampanye Presiden Donald Trump.

Biden mengatakan, dia akan mengejar langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk menjaga ekonomi berjalan lancar dengan mengendalikan virus. Dia menambahkan bahwa pembatasan kapasitas di bisnis, restoran, dan tempat lain masih diperlukan.

Baca Juga: Pemimpin Asia Pasifik khawatir AS-China bakal bentrok di Laut China Selatan

Di awal jawabannya pada konferensi pers, Biden mengungkapkan rasa frustrasinya atas anggapan bahwa dia mendukung lockdown nasional.

"Semua orang menanyakan pertanyaan itu setiap kali saya berdiri di sini," kata Biden. "Itu adalah pertanyaan hipotetis. Jawabannya adalah, saya akan mengikuti sains."

Dia juga mengatakan penanganan virus corona di setiap daerah dan setiap komunitas bisa berbeda.

"Jadi tidak ada keadaan yang saya lihat yang membutuhkan penutupan nasional total," kata Biden. "Saya pikir itu akan menjadi kontraproduktif."

 

Selanjutnya: Infeksi meroket, dokter dan perawat AS desak Trump berbagi data Covid-19 dengan Biden

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru