kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Reuni Aksi 212, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas Sekitar TMII


Jumat, 02 Desember 2022 / 07:37 WIB
Ada Reuni Aksi 212, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas Sekitar TMII
ILUSTRASI. Ada Reuni Aksi 212, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas Sekitar TMII

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Reuni Aksi 212 akan berlangsung hari ini, Jumat 2 Desember 2022 di Masjid Agung At-Tin, sekitar Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berikut rute pengalihan arus lalu lintas dan kantong parkir untuk kelancaran reuni Aksi 212.

Dilansir dari website resmi Korlantas Polri, Polres Jakarta Timur telah mempersiapkan diri menjelang Reuni Aksi 212, Salah satunya melakukan rekayasa atau rencana pengalihan arus lalu lintas dan kantong-kantong parkir.

Kasat Lantas Polres Jakarta Jakarta Timur, AKBP Edy Surasa menyatakan telah menyiapkan sejumlah skenario mengatur arus lalu lintas selama kegiatan Reuni Aksi 212 berlangsung. “Rekayasa arus itu ketika di depan Masjid Agung At-Tin kita asumsikan tidak bergerak. Ketika ternyata di luar dugaan tentunya kita coba buka tutup alias alih arus juga,” kata Edy, Kamis (1/12).

Adapun rekayasa lalu lintas yang dilakukan di antaranya dari arah Kramat Jati menuju ke Pondok Gede diarahkan melalui pintu satu, dan dari Jalan Bambu Apus ke Garuda atau Masjid Agung At-Tin diarahkan ke Kampung Rambutan.

Baca Juga: Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin TMII, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Berikut daftar lengkap pengalihan arus lalu lintas untuk kelancaran Reuni Aksi 212 di Masjid At-Tin yang dilansir dari Kompas.com:

  1. Arus lalu lintas dari Traffic Light Kramik menuju Jalan Taman Mini I, akan dialihkan ke kiri di Traffic Light Garuda menuju Asrama Haji Pondok Gede.
  2. Arus lalu lintas dari Asrama Haji Pondok Gede menuju Jalan Taman Mini I akan dialihkan ke kanan di Traffic Light Garuda menuju Pasar Rebo.
  3. Arus lalu lintas dari Tol Jagorawi yang keluar melalui Offramp Taman Mini I dialihkan ke arah Asrama Haji Pondok Gede atau ke Pasar Rebo.
  4. Arus lalu lintas dari arah Pasar Rebo yang akan menuju Jalan Taman Mimi I akan diluruskan.
  5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Raya Mabes Hankam menuju Terowongan Taman Mini diluruskan ke arah Terminal Bus Kampung Rambutan.
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Raya Ceger menuju Terowongan Taman Mini dibelokkan ke kiri mengarah Terminal Bus Kampung Rambutan.

Kendati begitu, pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan. Selain itu, juga tidak ada penutupan jalan di sekitar kawasan TMII.

Selain rekayasa lalu lintas bakal diterapkan, Satlantas Polres Jakarta Timur juga menyiapkan kantong parkir pada beberapa titik di sekitar lokasi untuk massa yang datang menggunakan bus, maupun sepeda motor.

“Kantong parkir terdekat bisa menampung 200 bus. Kemudian di (Gedung) Pewayangan untuk roda dua bisa 1.500. Artinya itu cukup tidak berdampak di jalan pada parkir sembarangan,” tutur Edy.

Sementara itu, saat kegiatan Reuni Aksi 212 di Masjid Agung At-Tin, Satlantas Polres Jakarta Timur akan mengerahkan sebanyak 650 personel untuk mengatur arus lalu lintas dengan pembagian tugas dua shift.

Jajaran Polres Jakarta Timur juga sudah bersiaga untuk mengantisipasi massa kedatangan massa peserta Reuni Aksi 212 yang tiba di Masjid Agung At-Tin sejak Kamis.

Diperkirakan Reuni Aksi 212 akan diikuti sekitar 1.500 sampai 3.000 massa. Kegiatan Reuni Aksi 212 akan dimulai sejak pukul 03.00 WIB. “Tahap pertama akan ada apel​ jam 21.00 WIB, antisipasi massa yang datang dari sore hari. Lalu acaranya kan diprediksi sampai salat Jumat selesai,” pungkasnya.

Itulah rencana pengalihan arus lalu lintas untuk kelancaran Reuni Aksi 212. Semoga Reuni Aksi 212 berlangsung damai dan tertib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×