kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada 11 Sektor di Pasar Saham, Tapi Warren Buffett Favoritkan 3 Sektor Ini


Kamis, 04 Agustus 2022 / 10:56 WIB
Ada 11 Sektor di Pasar Saham, Tapi Warren Buffett Favoritkan 3 Sektor Ini
ILUSTRASI. Warren Buffett telah menunjukkan selama lebih dari satu dekade bahwa ia lebih suka menginvestasikan uangnya ke tiga sektor tertentu. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett secara efektif berada di kelasnya sendiri dalam hal investasi. 

Meskipun tidak ada investor yang sempurna, Warren Buffett memiliki cara untuk memilih pemenang dalam jangka panjang. Itu sebabnya Wall Street dan komunitas investasi sangat memperhatikan saham yang dia dan timnya beli dan jual setiap kuartal.

Meskipun ada 11 sektor berbeda untuk dipilih di pasar saham, Warren Buffett telah menunjukkan selama lebih dari satu dekade bahwa ia lebih suka menginvestasikan uangnya ke tiga sektor tertentu.

Berikut adalah tiga sektor yang menjadi incaran Warren Buffett seperti yang dikutip dari Nasdaq.com:

1. Keuangan

Meskipun itu bukan sektor teratas dalam portofolio Berkshire Hathaway, berdasarkan aset yang diinvestasikan, saham keuangan adalah tempat favorit Warren Buffett untuk menginvestasikan uangnya. Di sektor keuangan, ada saham bank, perusahaan asuransi, dan pemroses pembayaran yang menjadi pilihan Warren Buffett.

Secara umum, saham keuangan tidak akan membuat investor kagum pada pertumbuhannya. Sektor ini hampir selalu memiliki siklus bisnis, yang berarti sektor ini mengalami pasang surut sesuai dengan ekonomi AS dan global.

Baca Juga: Investasi Menguntungkan Berkshire Hathaway, Mesin Uang Warren Buffett

Tapi ada perbedaan penting yang harus dibuat tentang pasang surut ini. Bila resesi biasanya berlangsung selama beberapa kuartal, periode ekspansi ekonomi biasanya diukur dalam beberapa tahun. 

Pasar bullish yang panjangnya tidak proporsional memungkinkan saham bank dan pemroses pembayaran berkembang dalam jangka panjang.

Dalam ruang keuangan, saham bank cenderung menjadi favorit Buffett, diikuti oleh perusahaan asuransi. 

2. Bahan pokok konsumen

Sektor kedua yang sangat disukai Warren Buffett untuk menginvestasikan uangnya adalah kebutuhan pokok konsumen. Meskipun saham kebutuhan pokok konsumen mewakili persentase yang jauh lebih kecil dari total portofolio Berkshire Hathaway dibandingkan 21 tahun lalu -- 43,5% pada Q1 2001 versus 11,3% pada Q1 2022 -- saham di sektor ini sering menjadi pelengkap dalam portofolio Buffett untuk waktu yang lama, yang mencapai lebih dari satu dekade.

Keistimewaan saham bahan pokok konsumen adalah mereka menyediakan barang dan jasa yang digunakan orang sehari-hari. Tidak peduli seberapa baik atau buruk kinerja ekonomi dan pasar saham AS, orang masih perlu membeli pasta gigi, deterjen, popok, makanan, minuman, barang-barang kesehatan dan kecantikan pribadi, dan sebagainya. 

Ini adalah sektor yang penuh dengan bisnis yang menghasilkan arus kas yang sangat dapat diprediksi dan sering kali membayar sebagian dari dividen paling kuat di seluruh pasar.

Saham perusahaan raksasa minuman Coca-Cola merupakan saham pokok konsumen yang paling dikenal, dan juga merupakan saham  yang paling lama dipegang Warren Buffett (34 tahun). 

Baca Juga: Cerita Bagaimana Warren Buffett Punya Kekayaan Rp 371,125 M di Usia Muda (1950–1969)

3. Teknologi 

Sektor favorit ketiga dan terakhir di mana Warren Buffett suka menggunakan uangnya untuk bekerja adalah teknologi. Namun, sektor ini hadir dengan sedikit tanda bintang. 

Kecintaan Warren Buffett terhadap saham teknologi dipersempit menjadi hanya beberapa bisnis. Dengan kata lain, ketika Warren Buffett bertaruh pada saham teknologi, seringkali itu merupakan investasi yang cukup besar.

Daya tarik saham teknologi adalah bahwa mereka menawarkan prospek pertumbuhan yang unggul, dibandingkan dengan sebagian besar sektor lainnya. 

Pertumbuhan saham telah memimpin pasar lebih tinggi sejak Resesi Hebat dan mengambil keuntungan penuh dari lebih dari satu dekade kebijakan moneter yang menguntungkan (yaitu, suku bunga pinjaman rendah) dari bank sentral negara.

Mungkin tidak mengejutkan bagi investor yang memantau aktivitas jual beli Warren Buffett bahwa Apple adalah investasi terbesar perusahaannya. Pada akhir Juli 2022, Apple menguasai hampir 42% dari portofolio investasi Berkshire Hathaway senilai US$ 353,2 miliar. Tidak heran Warren Buffett menyebut Apple sebagai salah satu dari "empat raksasa" perusahaannya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi dengan Kekayaan Warren Buffett setelah Dirinya Meninggal Dunia

Bukan penggemar sektor properti

Melansir The Motley Fool, Warren Buffett tidak pernah menjadi penggemar investasi di real estate.

Mengapa Warren Buffett menghindari investasi real estate?

Alasan utama mengapa Warren Buffett cenderung tidak berinvestasi di real estate adalah karena dia merasa bahwa real estate yang dikembangkan biasanya diberi harga yang akurat.

Mengapa itu menjadi masalah? Warren Buffett telah menikmati sukses besar dengan memasukkan uang ke dalam perusahaan yang underpriced dan siap untuk menjalankan pertumbuhan. Tetapi strategi itu tidak diterjemahkan ke dalam pasar di mana Warren Buffett merasa tidak ada tawar-menawar yang bisa didapat.

Tetapi meskipun mudah untuk melihat mengapa Warren Buffett mungkin memilih untuk menjauh dari investasi real estate. 

Faktanya, salah satu nasihat inti Warren Buffett sebenarnya berlaku cukup baik untuk pasar real estate.

Warren Buffett terkenal dengan nasehatnya yang mengatakan bahwa Anda tidak boleh memiliki saham selama 10 menit jika Anda tidak berniat memilikinya selama 10 tahun. 

Akan tetapi, meski pendekatan "beli dan tahan" itu pasti bekerja dengan baik dalam konteks memilih saham, hal itu juga berlaku untuk real estate.

Nilai rumah memiliki kecenderungan untuk meningkat dari waktu ke waktu. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan uang dengan cepat, Anda mungkin akan mengalami kesulitan dengan membeli real estat. 

Tetapi jika Anda mampu dan bersedia untuk mempertahankan investasi real estat Anda selama bertahun-tahun, ada kemungkinan besar mereka akan mendapatkan nilai dan Anda akhirnya akan menghasilkan keuntungan.

Bahkan keuntungan tetap didapat meski  Anda harus menghabiskan uang untuk sejumlah pengeluaran. Misal untuk pemeliharaan dan pajak properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×