kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Prinsip Investasi Terpenting Warren Buffett, Cocok untuk Dicontek


Senin, 10 Juli 2023 / 11:13 WIB
9 Prinsip Investasi Terpenting Warren Buffett, Cocok untuk Dicontek
ILUSTRASI. Dapat dikatakan, Warren Buffett adalah investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

FILOSOFI INVESTASI WARREN BUFFETT - Dapat dikatakan, Warren Buffett adalah investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. 

Buffett juga dikenal karena pesonanya yang sederhana dan kutipannya yang mengesankan tentang seni berinvestasi. 

Saat Anda memiliki tujuan untuk mencapai puncak gunung, akan lebih bijaksana untuk mengikuti jejak kaki orang-orang yang telah berhasil melakukan pendakian sebelumnya. 

Nah, demikian pula halnya dengan investasi. Merupakan hal yang bijak jika kita berpedoman pada investor-investor andal seperti halnya Warren Buffett. 

Melansir The Motley Fool dan GoBankingRates, berikut adalah beberapa prinsip investasi Buffett terpenting yang dapat Anda masukkan ke dalam strategi investasi Anda sendiri:

1. Cari margin keamanan

Memprioritaskan margin keamanan adalah landasan filosofi investasi Buffett. Secara sederhana, margin keamanan mengacu pada karakteristik investasi yang membantu melindungi investor dari kehilangan uang. 

Misalnya, jika saham diperdagangkan seharga US$ 10 per saham, tetapi aset perusahaan secara realistis bernilai US$ 12 per saham, maka ada margin keamanan senilai US$ 2. Nilai intrinsik aset harus mencegah harga saham perusahaan turun terlalu signifikan.

Tujuan Buffett adalah selalu membayar kurang dari nilai intrinsik perusahaan. Seperti yang dia katakan, "Harga beli yang terlalu tinggi untuk saham perusahaan yang sangat baik dapat membatalkan efek dari perkembangan bisnis yang menguntungkan selama satu dekade berikutnya."

Baca Juga: Menabung Uang Bukan Hal Terpenting dalam Hidup, Ini Kata Warren Buffett

2. Fokus pada kualitas

Warren Buffett tidak berinvestasi di perusahaan sampah. Anda biasanya tidak akan melihatnya membeli bisnis yang mengalami kesulitan, terlepas dari seberapa murahnya mereka. Salah satu kutipan terbaik Buffett yang dapat diserap oleh investor baru adalah, "Jauh lebih baik membeli perusahaan yang luar biasa dengan harga yang wajar daripada perusahaan yang biasa dengan harga yang luar biasa."

Baca Juga: Tidak Ada Hubungan antara Uang & Kebahagiaan, Ini Penjelasan Menarik Warren Buffett



TERBARU

×