8 Titik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan yang Fokus Dibangun di IKN, Mana Saja?

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:48 WIB Sumber: Kompas.com
8 Titik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan yang Fokus Dibangun di IKN, Mana Saja?

ILUSTRASI. Suasana lokasi pembangunan Istana Presiden di IKN, Kalimantan Timur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus digeber. 

Pada Sabtu (21/1/2023), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa meninjau langsung pembangunan IKN Nusantara, di Kalimantan Timur. 

Terdapat sejumlah titik yang dia tinjau tahapan pembangunannya terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Suharso bilang, terdapat 8 titik pembangunan di KIPP yang sedang difokuskan untuk dibangun. 

"Titik pembangunan tersebut meliputi hunian pekerja konstruksi, gedung kementerian koordinator 1, gedung kementerian koordinator 2, gedung kementerian koordinator 3, gedung kementerian Koordinator 4, Istana Negara dan lapangan upacara, penataan sumbu kebangsaan tahap 1 dan rumah tapak jabatan," katanya dari keterangan Instagram @suharsomonoarfa, dikutip Senin (23/1/2023). 

Kembali dia menjelaskan, pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara telah dimulai November 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024, dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Wika). 

Baca Juga: Pemerintah Beri Insentif Bagi yang Berinvestasi di IKN Nusantara, Ini Respons Kadin

Pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 1, kata Suharso, telah dimulai pembangunannya sejak Desember 2022 dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024. 

Gedung Kemenko 1 ini akan ditempati oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). 

"Proyek ini telah dijalankan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, infrastruktur dan penataan kawasan," jelas dia. 

Berikutnya, pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 2 akan dimulai pada Januari tahun ini, dan ditargetkan selesai pada bulan yang sama, yakni Oktober 2024. Kantor Kemenko 2 akan ditempati oleh Kemenko Bidang Perekonomian. 

Baca Juga: Pemerintah akan Berikan Insentif Pajak untuk Financial Center IKN, Apa Saja?

"Proyek ini nantinya akan dijalankan oleh PT Ciriajasa Engineering Consultants. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, infrastruktur dan penataan kawasan," ucap Suharso. 

Pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator 3 telah dimulai pada Desember tahun lalu. Berbeda dengan dua kantor Kemenko sebelumnya, Kemenko 3 akan rampung pada Desember 2024. 

"Proyek ini telah dijalankan oleh PT Virama Karya. Lingkup pekerjaan berupa bangunan gedung kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM, infrastruktur dan penataan kawasan," kata Suharso. 

Lebih lanjut kata Suharso, proyek yang sedang berjalan di KIPP saat ini adalah pengembangan lahan yang dilakukan dengan dua tahapan. Berupa pembersihan, pengupasan dan penebangan pohon, land grading, elevasi, penguatan struktur tanah, penyiapan badan jalan, pemasangan patok dan papan informasi kavling.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2024 Pindah Ke IKN, Kantor Luhut, Airlangga Hartarto, dan Mahfud MD Telah Dibangun"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru