kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Kapal Besar di Pelabuhan Panjang Lampung Siap Angkut Pemudik Saat Arus Balik


Kamis, 05 Mei 2022 / 05:45 WIB
8 Kapal Besar di Pelabuhan Panjang Lampung Siap Angkut Pemudik Saat Arus Balik

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biar tak menumpuk di Pelabuhan Bakauheni, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan delapan kapal besar di Pelabuhan Panjang, Lampung, saat arus balik Lebaran 2022. Adapun kapal-kapal itu akan menampung kendaraan besar menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.

"Kendaraan besar seperti truk logistik akan dialihkan ke sini (Pelabuhan Panjang),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterangannya, Rabu (4/5).

Hal itu disampaikan Budi saat meninjau persiapan arus balik di Pelabuhan Panjang, Rabu siang. Budi mengungkapkan, pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang untuk menampung khusus kendaraan logistik dan penumpang menuju ke Pelabuhan Ciwandan.

Baca Juga: Ada One Way Arus Balik Lebaran, Polri Siapkan 5 Rute Alternatif Jakarta-Bandung

Dia berharap, upaya tersebut dapat melancarkan pergerakan kendaraan yaitu bus, mobil, sepeda motor, serta penumpang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak.

Pada kesempatan yang sama, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, perlu ada alternatif pelabuhan tambahan di luar Bakauheni untuk memperlancar arus pergerakan kendaraan.

Hal itu, kata Muhadjir, berdasarkan hasil evaluasi arus mudik. Sehingga, Pelabuhan Panjang pun dipilih untuk membantu persiapan arus balik pada sektor penyeberangan.

"Upaya ini dilakukan agar masyarakat yang kembali menyeberang dari Sumatera ke Jawa dapat terlayani dengan lebih baik,” ujar Muhadjir.

Pemerintah telah mengimbau masyarakat kembali ke daerah asal lebih awal dari puncak arus balik agar tidak terjadi kepadatan.

Pemerintah memperkirakan, puncak arus balik akan terjadi mulai Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022).

Baca Juga: Arus Balik, Pemerintah Siapkan Pelabuhan Panjang di Lampung Sebagai Alternatif

Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Kristian Erdianto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Siapkan 8 Kapal Besar di Pelabuhan Panjang Lampung Saat Arus Balik".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×