5 Perguruan Tinggi yang Lulusannya Bisa Jadi PNS, Dijamin Makmur

Kamis, 30 Desember 2021 | 11:41 WIB Sumber: Kompas.com
5 Perguruan Tinggi yang Lulusannya Bisa Jadi PNS, Dijamin Makmur

ILUSTRASI. Di Indonesia, salah satu profesi yang masih menjadi incaran banyak orang adalah Pegawai Negeri Sipil atau PNS. ANTARA FOTO/Makna Zaezar


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di Indonesia, salah satu profesi yang masih menjadi incaran banyak orang adalah Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan PPPK yang kepanjangannya adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pada tahun 2021.

Tahap perampungan proses pendaftaran CPNS tahun 2021 diketahui ada 4 juta lebih pelamar untuk semua formasi dan lolos hingga tahap SKD CPNS 2021 sebanyak 52.300 peserta.

Dan itu tidak ada 50 persen dari jumlah awal, tapi sebenarnya hanya untuk menjadi seorang PNS tidak dengan ikut serta dalam pendaftaran umum, namun ada cara lain.

Salah satu caranya yaitu lulus SMA lolos di pendaftaran sekolah kedinasan atau perguruan tinggi dinas.

Di Indonesia sendiri, hanya 2 cara untuk menjadi seorang PNS, yaitu ikut jalur umum dengan jutaan peserta dari berbagai usia serta kalangan atau jalur sekolah kedinasan yang memiliki rentang umur tidak terlalu jauh.

Baca Juga: Profesi PNS Susah Dipecat, Benarkah Demikian?

Ada perguruan tinggi dinas atau sekolah kedinasan setelah lulus langsung jadi PNS. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebab, dalam seleksi mahasiswa sekolah kedinasan terdapat tes SKD yang tergolong tes untuk CPNS yang dibuka secara umum.

Jadi, bagi anak-anak yang lulus pendaftaran sekolah kedinasan, secara otomatis ia juga akan menjadi PNS setelah lulus kuliah.

Baca Juga: PNS Jadi Komponen Cadangan Pertahanan Negara, Pelatihan Wajib Militer 3 Bulan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru