kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Keunggulan MLFF Pengganti e-Toll, Antrian di Gerbang Tol Jadi Nol Detik


Kamis, 19 Mei 2022 / 10:10 WIB
4 Keunggulan MLFF Pengganti e-Toll, Antrian di Gerbang Tol Jadi Nol Detik

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pernah mendengar mengenai  sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang kerap disebut Multi Lane Free Flow (MLFF)? 

Nah, kini Pemerintah tengah menyiapkan pembayaran jalan tol terbaru dengan sistem pengganti e-Toll ini. Melansir Kompas.com, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, rencananya, sistem pembayaran MLFF bakal diperkenalkan di jalan tol dan akan diterapkan secara penuh pada akhir 2023. 

Saat ini, sistem pembayaran tersebut masih dalam proses riset pihak terkait, baik dari Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Dia menambahkan, salah satu keunggulan sistem ini adalah pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran di gerbang tol.

Baca Juga: Implementasi Transaksi Jalan Tol Nirsentuh Bakal Sesuai Jadwal pada Desember 2022

Lantas, apa saja keunggulan MLFF?

Melansir laman bpjt.pu.go.id, ada beberapa keunggulan MLFF:

Pertama, tak perlu berhenti saat membayar tol

Dengan menggunakan e-toll, pada saat melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol, pengemudi membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan kemudian melakukan tapping kartu elektronik. 

Namun, dengan diterapkannya teknologi transaksi nirsentuh di Jalan Tol atau MLFF ini, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantre saat melakukan pembayaran. 

Kedua, saldo terpotong otomatis

Nantinya, saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong. Teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu Global Navigation Satelit System (GNSS) yaitu merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Baca Juga: Hutama Karya Dukung Penuh Penerapan Transaksi Tol Nirsentuh

Ketiga, waktu antrean menjadi nol detik

Penggunaan uang elektronik telah mengurangi waktu transaksi menjadi 4 detik dibandingkan transaksi manual 10 detik. Nah,  penggunaan MLFF tentunya memiliki manfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik. 

Keempat, hemat bahan bakar

Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan pengguna jalan tol. 

Sementara itu, mengutip indonesiabaik.id, untuk implementasi tahap pertama, teknologi MLFF akan diterapkan di 40 ruas tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa, dan Bali pada tahun ini. 

Penerapannya nanti akan berjalan dengan skema sekitar 50% dari total gardu pada gerbang tol akan digunakan untuk MLFF, sedangkan 50% digunakan bagi pengguna yang melakukan pembayaran nontunai konvensional.

Nilai Investasi proyek MLFF adalah sebesar Rp 4,4 Triliun, dengan masa konsesi PT RITS adalah selama 9 tahun sejak tanggal operasi komersial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×