3 Vaksin Covid-19 dengan dosis satu suntikan, kenali efek sampingnya

Kamis, 07 Oktober 2021 | 06:39 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
3 Vaksin Covid-19 dengan dosis satu suntikan, kenali efek sampingnya

ILUSTRASI. Kini sudah tersedia beberapa vaksin Covid-19 yang diberikan hanya sebanyak satu kali suntikan. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian besar vaksin Covid-19 yang diberikan di Indonesia membutuhkan dua kali suntikan. Hal ini ditujukan untuk memberikan perlindungan maksimal bagi penerimanya. 

Tapi kini sudah tersedia beberapa vaksin Covid-19 yang diberikan hanya sebanyak satu kali suntikan.

Melansir Kompas.com, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi bagi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan, melalui keterangan pers pada 15 September 2021, mengusulkan prioritas vaksin Janssen. 

Menurut mereka, vaksin satu dosis seperti vaksin Janssen sebaiknya diberikan kepada masyarakat yang tinggal di pedalaman dan kalangan disabilitas. 

Selain lebih efektif dalam pendistribusiannya, pemantauan terhadap kejadian ikutan pasca-imunisasi juga lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 lengkap per 6 Oktober mencapai 26% dari target

Apa saja produk vaksin Covid-19 dengan satu kali suntikan? Berikut informasinya seperti yang dikutip dari indonesiabaik.id:

1. Vaksin Janssen

Indikasi penggunaan Janssen COVID-19 Vaccine  pada orang berusia 18 tahun ke atas, dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular. 

Dalam hal efikasi, efikasi Janssen COVID-19 Vaccine untuk mencegah semua gejala (any symptom) COVID-19 adalah sebesar 67,2% dan efikasi untuk mencegah gejala COVID-19 sedang hingga berat (moderate to severe/critical) pada subjek di atas 18 tahun adalah sebesar 66,1%.

Efek samping vaksin Janssen:

Reaksi lokal maupun sistemik dari pemberian vaksin Janssen Covid-19 menunjukkan tingkat keparahan grade 1 dan 2. 

Baca Juga: Sudah vaksin Covid-19 dosis satu, ini waktu yang tepat untuk vaksin dosis kedua

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru