kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Hal yang Harus Diajarkan Orang Tua ke Anak Tentang Uang ala Warren Buffett


Kamis, 09 Februari 2023 / 11:28 WIB
3 Hal yang Harus Diajarkan Orang Tua ke Anak Tentang Uang ala Warren Buffett

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Investor miliarder Warren Buffett terkenal dengan nasihatnya yang cemerlang dan penuh warna tentang investasi.

Tapi satu kutipan terbaiknya tentang mengasuh anak.

Mengutip Business Insider, dalam artikel majalah Fortune tahun 1986 berjudul 'Haruskah Anda Serahkan Semuanya kepada Anak-anak?', Oracle of Omaha membagikan beberapa kebijaksanaan pengasuhan anak.

Warren Buffett berkata: 

"Anak-anak saya akan pergi, untuk mengukir tempat mereka sendiri di dunia ini, dan mereka tahu saya mendukung mereka apa pun yang mereka ingin lakukan." 

Tapi Warren Buffett percaya bahwa menyiapkan ahli warisnya dengan "persediaan seumur hidup kupon makanan hanya karena mereka keluar dari rahim yang tepat" dapat berbahaya bagi mereka dan merupakan tindakan antisosial.

Baginya, jumlah yang sempurna untuk meninggalkan warisan bagi anak adalah uang secukupnya agar mereka bisa merasa melakukan apa saja, tetapi tidak terlalu banyak sehingga mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

Baca Juga: Pelajaran Kebahagiaan Warren Buffett Lewat Empat Kata Sederhana

Jika Anda penasaran, inilah yang dianggap Buffett sebagai "cukup uang".

Untuk lulusan perguruan tinggi, Buffett menganggap "beberapa ratus ribu dolar" kedengarannya benar.

Sementara itu, mengutip The Motley Fool, ada banyak hal yang menurut Warren Buffett harus diajarkan orang tua kepada anak-anak mereka tentang uang.

1. Ajari anak nilai belajar

Ini bukan nasihat keuangan dan lebih merupakan pelajaran hidup umum yang perlu dipelajari anak-anak dengan hati. Buffett mendorong orang tua untuk mengajari anak-anak mereka bahwa tidak memiliki semua jawaban adalah hal yang normal dan mendorong mereka untuk tidak pernah berhenti belajar. Buffett sendiri mengikuti nasihat ini dengan rajin dan dikenal suka membaca dengan cukup ekstensif.

Semakin banyak anak Anda membaca, pengetahuan mereka tentang dunia akan semakin luas, dan mereka akan belajar hal-hal penting, seperti cara mengelola uang, cara menabung, dan cara berinvestasi.

Baca Juga: Bankir Masih Ramal Resesi di 2023, Ini Jurus Warren Buffett untuk Menghadapinya



TERBARU

×