1,5 Juta pemudik memuncaki arus balik akhir pekan ini

Minggu, 16 Mei 2021 | 05:15 WIB Sumber: Kompas.com
1,5 Juta pemudik memuncaki arus balik akhir pekan ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Puncak arus balik usai libur Lebaran 2021 diperkirakan terjadi pada akhir pekan ini. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen (Pol) Istiono mengatakan, akan ada 1,5 juta pemudik yang kembali ke wilayah Jabodetabek.

Dia menambahkan, Korlantas sudah melakukan antisipasi untuk mengelola arus lalu lintas di jalur tol dan arteri. "Puncak arus balik diprediksi mulai hari Sabtu sampai Minggu. Karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja," kata Istiono, Sabtu (15/5). 

Istiono memaparkan, Korlantas akan mengalihkan truk-truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik. "Untuk truk sumbu tiga ke atas yang melalui jalan tol perlu dilakukan diskresi kepolisian pengalihan truk sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri/non tol mulai dari Semarang sampai Jakarta dari siang ini," ucap dia.

Selain itu, Korlantas bersama Satgas Covid-19 juga menyiapkan pos di 109 titik untuk memeriksa pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek. Istiono mengatakan, pengendara wajib membawa surat hasil tes swab antigen atau tes PCR.

Baca Juga: 8 Langkah pengendalian penyebaran Covid-19 di Jaksel usai Lebaran

Bagi pengendara yang tidak bisa menunjukkan hasil tes, ada petugas yang melakukan tes acak di tempat-tempat peristirahatan. "Polri bersama satgas nasional dan daerah telah menyiapkan 109 check point, 26 di rest area dan gate tol, serta 83 di titik jalur arteri jalan nasional, dari Jawa dan Sumatra menuju Jakarta dengan melaksanakan kegiatan rapid test antigen secara random yang dilaksanakan mulai hari ini," kata Istiono.

Salah satu fokus titik pelaksanaan tes swab antigen yaitu di pintu masuk antara Sumatra dan Jawa. Sebab, kasus Covid-19 di Sumatra cenderung mengalami kenaikan.

Baca Juga: Larangan mudik Lebaran, staycation sepi peminat

Jika pelaku perjalanan diketahui positif Covid-19, maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat. "Untuk wilayah Sumatra (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi Covid-19. Oleh karenanya sebelum melakukan penyeberangan harus dilengkapi surat bebas Covid-19," ujar Istiono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kakorlantas: Puncak Arus Balik Libur Lebaran Akhir Pekan, 1,5 Juta Pemudik Kembali.
Penulis: Tsarina Maharani
Editor: Bayu Galih

Baca Juga: Usai mudik, warga Banten wajib tes swab antigen dan karantina 5x24 jam

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru