kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO tak sabar bekerja sama secara erat dengan tim Biden


Selasa, 10 November 2020 / 06:11 WIB
WHO tak sabar bekerja sama secara erat dengan tim Biden
ILUSTRASI. WHO mengatakan, pihaknya berharap dapat bekerja sama secara erat dengan pemerintahan Presiden terpilih AS Joe Biden. Fabrice Coffrini/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin (9/11/2020) menyambut baik upaya untuk memperkuat badan yang bermarkas di Jenewa itu melalui reformasi. WHO mengatakan, pihaknya berharap dapat bekerja sama secara erat dengan pemerintahan Presiden terpilih AS Joe Biden.

Reuters memberitakan, direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, pendanaan WHO harus menjadi lebih fleksibel dan dapat diprediksi untuk mengakhiri "ketidaksesuaian besar" antara ekspektasi dan sumber daya yang tersedia.

“Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kami yakin bahwa kami berada di jalur yang benar,” kata Tedros kepada para menteri kesehatan saat pertemuan tahunan WHO.

Presiden AS Donald Trump telah membekukan pendanaan AS ke WHO dan memulai proses yang akan membuat Amerika Serikat menarik diri dari badan itu Juli mendatang. Langkah tersebut menuai kritik internasional yang luas di tengah terjadinya krisis Covid-19. Trump menuduh WHO sebagai "China-sentris" dalam penanganan pandemi, yang telah berulang kali dibantah Tedros.

Baca Juga: WHO: Separuh dari kasus corona dan kematian global hanya terjadi di 4 negara

Biden, yang membentuk satuan tugas virus corona nasional pada hari Senin, mengatakan selama kampanye dia akan membatalkan keputusan Trump untuk meninggalkan WHO pada hari pertamanya menjabat.

Tedros mendesak komunitas internasional untuk mencapai kembali tujuan bersama. “Dalam semangat itu kami mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dan kami berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan ini dengan sangat erat.

Baca Juga: Tak diundang dalam pertemuan WHO, Taiwan: China menghambat kami

“Kita perlu menata ulang kepemimpinan, membangun rasa saling percaya dan akuntabilitas untuk mengakhiri pandemi dan mengatasi ketidaksetaraan mendasar yang menjadi akar dari begitu banyak masalah dunia,” katanya.




TERBARU

[X]
×